Kepulauan Togean, Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah

29700

TOJO UNA-UNA (INDOPETRO) – Wilayah Indonesia Timur menyimpan banyak wisata bahari yang indah dan wajib dikunjungi. Salah satunya surga tersembunyi bernama Kepulauan Togean.

Secara administrasi, Kepulauan Togean masuk dalam Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean menawarkan panorama alam yang luar biasa indah. Perairan di sekitar Kepulauan Togean masih bersih dan jernih ditambah pasir putih yang lembut

Tidak heran jika Kepulauan Togean menjadi tujuan utama para diver mancanegara. Aroma petualangan alam bawah laut di jantung Pulau Sulawesi menjadi tantangan baru bagi para penyelam. Pulau Togean mempunyai eksotisme panorama alam yang tidak terbantahkan. Panorama laut dan pantainya masih dilengkapi sejumlah goa di pulau-pulau kecil.

Tapi, itu belum cukup untuk menikmati Pulau Togean. Masih ada air terjun tersembunyi yang tidak boleh dilewatkan. Kepulauan Togean itu masuk dalam bagian penting dari segitiga terumbu karang (coral triangle) dunia. Yakni Filipina, Papua Nugini dan Sulawesi.

Kawasan coral triangle merupakan pusat kekayaan hayati bawah laut dunia dan kawasan konservasi paling utama. Yang berada di bawah naungan langsung WWF (World Wide Fund for Nature).

Togean tercatat memiliki empat tipe terumbu karang. Yaitu Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef) dan Karang Penghalang (Barrier Reef).

Berbagai terumbu karang indah beraneka warna itu dapat ditemukan didalam laut. Sekitar 262 spesies terumbu karang dari 19 family tersebar di kepulauan itu. Tujuh spesies di antaranya merupakan endemik Kepulauan Togean. Semua karang tersebut menjadi rumah bagi ratusan spesies ikan di Kepulauan Togean.

Ini yang paling menarik dari Kepulauan Togean. Wisatawan tidak perlu susah-susah menyelam untuk menikmati karang-karang itu. Dari tepian pantai, terumbu karang yang indah itu bisa dilihat. Bahkan, terumbu-terumbu karang itu bisa dilihat di bawah rumah penduduk Togean.

Kepulauan Togean bisa dijangkau dengan kapal cepat dari Kota Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una. Jarak tempuhnya selama dua jam. Sedangkan Ampana bisa dijangkau dengan penerbangan langsung selama 30 menit dari Bandara Mutiara Sis Aldjufri Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Soal penginapan wisatawan tidak perlu khawatir. Banyak penginapan dengan harga bersahabat. Harga sewa kamar berkisar mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu per kamar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*