Tim Tari Wonderful Indonesia Tampil Memukau di Wonju Winter Dancing Carnival 2018

5000

JAKARTA (INDOPETRO) – Prestasi membanggakan berhasil diraih tim tari Wonderful Indonesia (WI). Tim yang diwakili Sanggar Ayu Bali Suara menyabet juara ketiga Wonju Winter Dancing Carnival (WW DC) 2018.

Penampilan 24 penari WI sukses memukau pengunjung yang hadir di Chiak Gymnasium, Wonju, Korea Selatan pada 15-18 Februari 2018. Torehan tersebut sangat membanggakan karena WWDC merupakan rangkaian program Pyeongchang Winter Olympic. Lomba seni tari dan musikal itu diikuti 25 tim dari tujuh negara. Indonesia bersaing dengan Rusia, Jepang, Filipina, Australia, Ukraina, serta tuan rumah Korea Selatan.

“Kami bersyukur mampu merebut juara ketiga, setelah tuan rumah Korea Selatan tampil sebagai juara 1 & 2. Ini merupakan hasil positif untuk pariwisata Indonesia. Sekaligus terus mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya Bali yang telah dikenal luas di Korea,” kata Deputi Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana, Senin (19/2/2018).

Chiak Gymnasium, Wonju, menjadi saksi penampilan perdana Sanggar Ayu Bali Suara. Tarian yang ditampilkan yaitu Tari Bleganjur dan Kecak Janger. Sedangkan tema yang diusung ‘Spirit of Universal’. Penampilan hari kedua Sanggar Ayu Bali Suara di Pantai Gangneung juga tidak kalah memukau.

Berkat penampilan ciamik di dua penampilan itu, tim tari WI masuk ke babak Final. Kesempatan itu tidak disia-siakan. Tarian kontemporer Bali serta Tari Bleganjur yang spektakuler pun disajikan. Selama 25 menit publik Korea dibuat tercengang. Gerakan penari yang memukau dan begitu atraktif berhasil membuat kagum ribuan pasang mata yang hadir.

“Applaus yang meriah selalu diberikan penonton pada setiap penampilan kami. Hal ini menjadi bukti budaya Indonesia khususnya Bali, digemari masyarakat Korea. Kami berharap budaya menjadi trigger untuk menggenjot wisatawan Korea Selatan datang ke Indonesia,” ujar Pitana menambahkan.

Korea Selatan menjadi salah satu market utama pariwisata Indonesia di 2018. Jumlah kunjungan Korsel selalu meningkat. Pada 2017, sebanyak 378.769 wisatawan Korea Selatan telah berkunjung ke Indonesia. Jumlah itu naik 10.14 persen dari 2016.

Bali menjadi salah satu destinasi favorit warga Korea Selatan. Jumlah kunjungan wisatawan Korea Selatan ke Pulau Bali terus merangsek naik. 2017 tercatat 162.857 wisatawan Korea Selatan mengunjungi Pulau Dewata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mempertegas pernyataan Pitana. Menurutnya, potensi pasar Korea Selatan harus dioptimalkan. Keikutsertaan Indonesia diajang WWDC dinilai langkah promosi yang strategis.

“Budaya selalu menjadi magnet untuk menjaring wisatawan mancanegara. Sebanyak 60 persen wisatawan datang karena kekayaan budaya. Ini merupakan langkah bagus untuk terus merayu pasar wisatawan Korea Selatan,” kata Arief.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*