Usai Drama Pengsusutan Korupsi Tahun Lalu, Arab Saudi Meminta Investor Kembali

21800
Usai Drama Pengsusutan Korupsi Tahun Lalu, Arab Saudi Meminta Investor Kembali
Foto : albalad.co

RIYADH/DUBAI (INDOPETRO) –  Setelah tiga bulan lalu menghukum beberapa terdakwa korupsi, pemerintah Arab Saudi kini tengah berupaya menarik investasi dalam negeri.

Banyak investor, baik asing maupun lokal, mengeluhkan tentang isu korupsi yang terjadi , dan meragukan  langkah pengusutan yang dilakukan Putera Mahkota Mohammed bin Salman adalah untuk mengubah kondisi Arab Saudi dan mengurangi ketergantungan pada ekspor minyak.

Banyak pebisnis yang ragu sejak penangkapan beberapa pangeran, pebisnis dan pegawai pemerintah di November lalu, karena kerahasiaan dari penggerebekan dan kecurigaan akan adanya motif politik di baliknya.

“Sudah tidak lagi direkomendasikan, kenapa Anda harus berinvestasi di Arab Saudi?” kata pebisnis asal Eropa ditujukan kepada kerajaan. Pihak otoritas Saudi telah menyatakan kampanye anti-korupsi ini di luar kendali.

Akan tetapi pemerintah, termasuk Pangeran Mohammed, saat World Economic Forum di Swiss town, Davos, Januari lalu menemui pebisnis senior untuk meyankinkan kembali bahwa operasi penggerebekan akan berakhir dan Arab Saudi kini sudah aman untuk investasi.

“Memang benar kami telah melakukan kesalahan di sini dan sana. Arab Saudi bukan negara sempurna, tapi sama seperti negara lainnya. Namun jalan menuju sukses selalu ada pada konstruksi dan momen untuk Arab Saudi hampir menuju akhir,” kata Menteri Komersial dan Investasi Majid bin Abdullah al-Qasabi, dikutip Reuters. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*