Purwakarta Luncurkan Aplikasi Sampurasun Pariwisata

21200

PURWAKARTA (INDOPETRO) – Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mulai go digital. Aplikasi Sampurasun Pariwisata sudah diluncurkan untuk memanjakan wisatawan.

Semua fitur wisata, event, kuliner hingga akses transportasi di Purwakarta akan sering muncul di mesin pencari Google. “Aplikasi Sampurasun Pariwisata akan menjadi pedoman bagi wisatawan untuk memilih dan memastikan destinasi wisata mana yang akan dikunjung di Purwakarta,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi pada Selasa (13/2).

Wisman atau wisnus yang semula tidak kenal Purwakarta, bisa dibelokkan ke sana. Lama-lama, aksesnya makin bagus. Amenitasnya semakin kuat. Atraksinya juga semakin variatif. Semua destinasi keren yang semula tidak terjamah bisa laku dijual.

“Purwakarta punya banyak destinasi wisata yang siap memanjakan wisatawan, mulai dari wisata alam hingga kuliner. Kehadiran aplikasi Sampurasun Pariwisata melengkapi geliat industri pariwisata di Purwakarta. Tinggal klik pilihannya, semua informasi langsung tersaji,” kata Dedi menambahkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud Purwakarta Hery Anwar mengatakan, aplikasi itu akan dikelola instansi terkait. “Dengan aplikasi Sampurasun Pariwisata, wisatawan tidak akan kesulitan untuk mendapatkan berbagai fasilitas,” kata Hery.

Menurutnya, wisatawan hanya perlu mengeklik fitur wisata untuk mengetahui berbagai destinasi cantik. Di situ juga terdapat berita menarik seputar Purwakarta dan keunikannya.

Wisatawan yang penasaran dengan kuliner, bisa memilih fitur kuliner. Di sana terpampang beraneka jenis makanan yang khas dan dijamin enak. “Wisatawan juga tidak perlu bingung mencari penginapan atau hotel yang sesuai. Termasuk tempat ibadah seperti masjid, gereja, dan vihara yang dekat dengan lokasi wisatawan,” kata Hery menambahkan.

Untuk transportasi, wisatawan bisa mengeklik fitur angkot untuk mengetahui rute angkutan kota. Namun ada juga fitur tukang ojek pariwisata (TOP) jika ingin diantar ke destinasi-destinasi di Purwakarta.

Menpar Arief Yahya makin percaya diri. Ia yakin Purwakarta bisa segera menyalip di tikungan digital. Sebagai orang yang berlatar belakang teknologi ia percaya, pariwisata bisa melompat jauh ke level yang lebih tinggi dengan cara digital.

“Indonesia harus sadar, digital itu akan semakin akrab dengan kehidupan orang, dan ke depan akan semakin kuat. Jadi langkah yang diambil Purwakarta sudah tepat. Daerah lain juga harus mulai go digital untuk memenangi persaingan,” kata Arief.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*