Perkapalan Pertamina Kembali Direktorat, Tidak Sesuai Kepres

32700
Perkapalan Pertamina Kembali Direktorat, Tidak Sesuai Kepres
Foto : metronews.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Ada isu bahwa Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah berupaya untuk mengembalikan usaha Perkapalan Pertamina menjadi Direktorat. Kontan saja kabar ini mendapat respon dari Forum Komunikasi Pekerja dan Pelaut Aktif (FKPPA) Pertamina. Ketua Serikat Pekerja (SP) FKPPA Pertamina, Capten Sofyani Faisol, mengatakan hal tersebut akan membuat Perkapalan menjadi lebih dapat fokus dalam bidang usaha perkapalan, yang nantinya menjadi penopang kemajuan Pertamina.

Walaupun demikian, dia juga merasa sedih dan prihatin mendengar isu pengembangan organisasi yang luar biasa besarnya.

“Padahal amanah Kepres 169 Tahun 2000 jelas. Pasal 13 dan 14 menyatakan bahwa kegiatan usaha Pertamina adalah hulu dan hilir, dimana di hilir ada unit usaha Pengolahan, Pemasaran Niaga dan Perkapalan,” kata Sofyani pada wartawan, Selasa (20/2/2018) di Jakarta.

Banyaknya Direktorat di Pertamina bukankah telah mencederai semangat efisiensi yang selama ini digadang-gadang oleh pemerintah.

“Timbul pertanyaan yang menggelitik dan meresahkan di lingkungan insan Pertamina. Ada apa ini semua? Apakah dengan lebih dari 10 rencana Direktorat yang ada tidak akan menimbulkan Over Head yang tinggi? Apakah nantinya tidak akan terjadi unit usaha yang beririsan satu dengan direktorat lainya? Atau hal ini hanya mengakomodir persiapan Pemilu 2019, dimana penjarahan dimulai dari sekarang? Dan setelah itu akan kembali bubar bahkan cerai berai,” tanya Sofyani. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*