NOVATEK Rusia Tandatangani Kerja Sama Proyek Gas dengan Saudi Aramco

16100
NOVATEK Rusia Tandatangani Kerja Sama Proyek Gas dengan Saudi Aramco

MOSCOW (INDOPETRO)- Produsen gas bumi independen Rusia, Pao Novatek (Novatek) telah menandatangani perjanjian awal dengan Saudi Aramco untuk suplai liquefied natural gas (LNG) dan proyek gas.

Menurut perjanjian tersebut Novatek berkolaborasi dengan Saudi Aramco dalam proyek gas, pengembangan pasar LNG, eksplorasi cadangan gas dan proyek produksi mencakup riset dan pengembangan teknologi. Hal ini dikutip dari pernyataan resmi perusahaan yang berbasis di Moskow dan London ini.

“Kami terbuk alebarnya peluang untuk energi eksisting dan saling menguntungkan untuk bekerja sama dengan Arab Saudi,” kata Chairman of Management Board NOVATEK, Leonid Mikhelson, seperti yang dikutip Pipeline, Senin (19/2/2018).

Leonid menambahkan pihaknya memiliki satu dari reserve base gas dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau dunia. Banyaknya pengalaman unik dan berharga dalam mengembangkan proyek LNG di wilayah Rusia Arktik pun menjadi nilai tambah NOVATEK.

“Mempercepat pertumbuhan produksi LNG dan menarik partner asing, seperti Saudi Aramco, adalah satu dari strategi kami,” terang Leonid.

Aktivitas hulu NOVATEK difokuskan pada keproduktifan daerah otonomi Yamal-Nenets, yang menyumbang hingga 80 persen produksi gas bumi Rusia atau 16 persen produksi gas dunia.(Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*