Lapangan Gas Zohr Jadi Berkah bagi Mesir

7500
Lapangan Gas Zohr Jadi Berkah bagi Mesir
Foto: voaindonesia.com

KAIRO (INDOPETRO)- Produksi gas dari ladang al Zohr di Laut Mediterania, Mesir, akan mencapai 2,9 miliar kaki kubik per hari pada pertengahan 2019. Demikian diutarakan oleh CEO Eni (perusahaan minyak dan gas) asal Italia, Claudio Descalzi, saat berbicara dalam sebuah konferensi industri di Kairo, Mesir.

“Hingga akhir tahun ini ladang gas al Zohr dapat menghasilkan 1,8 miliar kaki kubik sampai dua miliar kaki kubik gas sehari,” kata Descalzi, seperti disinyalir Reuters, Senin (19/2/2018).

Seperti diketahui, ladang gas al Zohr dtemukan pada 2015 oleh Eni. Lapangan ini diperkirakan memiliki cadangan gas sebanyak 30 triliun kaki kubik (TCF).

Saat ini negara yang dikenal dengan Sungai Nil ini tengah berupaya mempercepat produksi dari ladang-ladang gasnya yang ditemukan dalam beberapa tahun terakhir. Kebijakan ini untuk mencapai target tidak lagi mengimpor gas pada pertengahan 2019.

Menteri Perminyakan Mesir Tarik al-Mulla mengatakan produksi gas negaranya saat ini sebesar 5,5 miliar kaki kubik per hari (BCFD).

Lebih jauh al Mulla mengatakan, lapangan al Zohr akan menjadi anugerah dan berkah bagi pengembangan ekonomi negerinya. Ia bisa membantu penghematan biaya energi sekitar 750 juta dolar Amerika Serikat (AS) hingga mungkin beberapa miliar dolar setahun.

Dia juga mengatakan lapangan gas raksasa al Zohr memiliki cadangan 30 TCF dan fase pertama produksi sekitar 1,2 BCFD akan dicapai pada medio 2018. Produksi kemudian akan naik bertahap menjadi 2,7 BCFD pada pertengahan hingga akhir 2019.

Dia menyampaikan semula pihaknya berharap produksi dari Lapangan al Nooros yang hanya berkisar 350 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Sesuai kontrak, Mesir akan mendapatkan 40 persen pembagian pendapatan dari penjualan gas Lapangan al Zohr. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*