Sederet Acara akan Meriahkan Legu Gam Moloku Kie Raha 2018

18400

TERNATE (INDOPETRO) – Pesta besar akan digelar di Maluku Utara melalui Legu Gam Moloku Kie Raha 2018. Akan ada 20 event besar yang siap memanjakan wisatawan.

Legu Gam Moloku Kie Raha 2018 akan berlangsung mulai 31 Maret-14 April mendatang. Sederet rangkaian acara sudah disiapkan untuk memeriahkan pesta tersebut. Mulai dari parade seni budaya, petualangan, aksi sosial hingga acara religi.

“Acara yang kami tampilkan di Legu Gam sangat banyak. Legu Gam ingin memberikan kesan mendalam bagi wisatawan. Semua potensi unik dan menarik yang ada di sini,” kata Ketua Panitia Legu Gam 2018 Firman Mudaffar Sjah pada Rabu (14/2/2018).

Jadwal kegiatan Legu Gam disusun sangat padat dan rapi. Bagi yang penasaran, wisatawan bisa melihat info lengkapnya melalui website resmi www. legugamternate.com. Yang perlu diperhatikan yaitu jadwal kegiatan. Sebab, sejumlah event sudah bergulir sebelum pembukaan pada Sabtu (31/3/2018).

Event-event yang akan memanaskan Legu Gam lebih dulu yaitu pameran, lomba tari, hingga tradisi pawai obor. Sedangkan expo produk unggulan digelar 25 Maret – 13 April. Nantinya, ada tujuh kelompok stan yang disiapkan berdasarkan produk.

“Sebelum resmi dibuka, gaung Legu Gam sudah harus terdengar dulu. Kami juga harus menjalankan tradisi, sebab Legu Gam kaya filosofi dan religius. Saat pembukaan, ada ritual Kabasarang Uci,” kata Firman menambahkan.

Salah satu tradisi yang dijalankan yaitu Pawai Obor Gam Ma Cahaya yang digelar 30-31 Maret di Kadatan Ternate. Pawai akan mengelilingi Pulau Ternate mulai pukul 20.30-06.30 WIT.

Setelah itu, ada dua  lomba tari yang digulirkan. Lomba Tarian Gala digelar 26-28 Maret dengan peserta dari usia 11-15 tahun. Di saat bersamaan juga digelar Lomba Tarian Soya Soya, yang pesertanya maksimal berusia 13 tahun.

Lomba Tarian Gala dan Soya Soya bahkan dihelat dua kali. Tahap pertama pada 26-28 Maret. Kemudian digelar bersama-sama pada 2-7 April. Mereka harus melewati fase kualifikasi hingga final. Selain itu, beberapa event juga digelar sepanjang Maret hingga April.

Setelah opening ceremony, 14 aneka event siap digelar. Wisatawan yang ingin nostalgia dengan permainan masa kecil, bisa mengikuti Tradisi Ngofa Tuniru pada 1 April. Berbagai pemainan tradisional Maluku Utara akan diperkenalkan seperti gaga ale, kasti atau kanan.

Pecinta sastra juga dilibatkan dalam Legu Gam lewat Lomba Dolo Bololo pada 2-7 April. Sementara yang suka berpetualang rasanya sayang jika melewatkan tracking Gunung Gamalama melalui event Ritual Fere Kie yang digelar lima hari kemudian.

Akan ada sunatan masal pada 2-9 April. Bersamaan dengan itu ada Tradisi Morom. Yaitu tradisi gotong royong untuk merenovasi rumah warga. Di tengah berlangsungnya acara, mereka juga tetap melanjutkan Tradisi Khatam Qur’an.

Menanggapi hal itu, Menpar Arief Yahya menyebut atraksi pariwisata seperti Legu Gam menjadi daya tarik yang memikat. “Rumusnya ABCGM. Academician, Business, Community, Government dan Media harus kompak. Saling support, penuh kesadaran dalam membangun iklim pariwisata yang kondusif. Jika semua seirama, Legu Gam ini bakal menyedot banyak wisatawan,” kata Arief.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*