Rusia Ingin Pasok Gas ke Tiongkok

11300
Rusia Ingin Pasok Gas ke Tiongkok
Foto : jitunews.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Peringatan itu dikeluarkan pada saat Perusahaan Gazprom milik Rusia tengah menyiapkan diri untuk merambah pasokan gas ke Tiongkok. Negeri Beruang Merah tersebut berobsesi untuk menjadi pemain utama di negeri Tirai Bambu. Karena itu, secara lihai, Rusia mewanti-wanti Eropa dengan peringatan krisis gas.

Wakil Direktur Gazprom, Alexander Medvedev, seperti dilansir Reuters, Senin (12/2/2018) mengatakan perusahaan ini memiliki cukup stok untuk Eropa dan Asia, tetapi sudah saatnya Eropa memutuskan siapa yang akan menjadi pemasok utama gasnya, karena kebutuhan gas Eropa meningkat dan produksinya menyusut.

“Meski sudah sering memperingatkan Eropa tentang ketergantungan berlebihan pada gas Rusia, ekspor Gazprom ke benua tersebut mencapai 35 persen dari pangsa pasar gas Eropa,” katanya.

Medvedev menuturkan bahwa angka itu bisa naik di atas 40 persen karena permintaan gas Eropa meningkat.

“Banyak analis percaya bahwa Eropa akan segera menghadapi krisis gas, dan yang lebih buruk lagi kenaikan tajam harga,” tegasnya.

Sebagai catatan, Rusia memenuhi sepertiga dari kebutuhan gas Eropa dan sebagian besar dari minyak yang dibutuhkan negara-negara kawasan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*