Harga Minyak Kembali Menguat di Pasaran

7600
Harga Minyak Kembali Menguat di Pasaran
Foto : kontan.com

SINGAPURA (INDOPETRO) – Harga minyak global kian menguat setelah sebelumnya sempat terganggu dengan naiknya produksi minyak Amerika Serikat (AS) pekan lalu.

Jauh melampaui pasar minyak, produksi AS telah merusak upaya Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia untuk memperketat minyak dan menaikkan harga. Di penutupan terakhir, minyak Brent naik 41 sen, atau 0.7 persen, di posisi US$63,2 per barel. Sedangkan WTI naik 48 sen, atau 0,8 persen, di harga US$59,68. Harga minyak kian menguat setelah dua tahun berturut-turut terjun bebas di titik terendah.

Analis energi berpendapat, harga minyak mentah masih berpotensi naik dengan adanya rebound di bursa AS Jumat lalu dan menguatnya bursa Asia hari ini.

“Bounce di saha Amerika Serikat berarti ada harapan (untuk minyak),” kata Chief Market Strategist Axi Trader, Greg McKenna, seperti yang dikutip Reuters, Senin (12/2/2018).

Menurutnya, saat ini pasar sperti insentif bagi para trader di Australia atau Asia untuk melakukan apapun tanpa terpengaruh bursa AS yang terlihat melemah.

Meski demikian, lanjut McKenna, dunia tetap harus berhati-hati dengan produksi minyak AS yag sudah  melebih 10juta barel per hari (bph), menggantikan eksportir top Arab Saudi dan mulai menyusul Rusia. Ini merupakan indikator kuat output dunia akan melonjak. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*