AirAsia Buka Tiga Rute Baru Sekaligus

34000

JAKARTA (INDOPETRO): Untuk mendorong potensi wisata di Indonesia, maskapai AirAsia membuka tiga rute baru sekaligus. Tiga rute tersebut yaitu Medan-Singapura, Padang-Singapura dan Jakarta-Medan.

Penerbangan perdana tiga rute baru itu berlangsung Jumat (9/2/2018). Sedangkan tiket ketiga rute tersebut sudah dibuka sejak 7 November 2017. Untuk melayani rute tersebut, AirAsia menggunakan Airbus A320 dengan kapasitas 180 kursi.

Menurut CEO Grup AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan, pembukaan rute ke Padang dan Medan dilakukan karena potensi pariwisatanya sungguh luar biasa. Langkah tersebut membuktikan jika pengembangan AirAsia Indonesia tidak hanya terpusat di Jakarta dan Bali.

“Kami harapkan konektivitas langsung dari Singapura ke kedua ibu kota provinsi di Sumatera. Dengan tarif hemat kami, dapat mendorong warga Singapura untuk berkunjung ke Padang dan Medan,” kata Dendy di Jakarta pada Sabtu (10/2/2018).

Menurut Dendy, aksi korporasi itu merupakan cara mendukung pemerintah meraih target wisatawan mancanegara. Sehingga pilihan destinasi wisata bagi turis menjadi semakin banyak. Dalam waktu dekat, para wisatawan mancanegara dapat langsung merasakan serunya Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang digelar Maret hingga April mendatang.

Kemudian menyaksikan keindahan Danau Singkarak dan pertunjukan seni budaya Sumatra Barat dengan adanya acara tahunan Tour de Singkarak yang biasa digelar pada Oktober. “Rute ini tidak hanya menawarkan keindahan ragam budaya Indonesia bagi wisatawan mancanegara. Namun juga kesempatan untuk para traveler Indonesia untuk menjelajahi serunya Negeri Singa,” ujar Dendy menambahkan.

Singapura merupakan salah satu destinasi internasional yang paling diminati masyarakat Indonesia. Menawarkan beragam pesona bagi masyarakat Padang dan Medan. Konektivitas baru itu menambah portofolio rute internasional AirAsia Indonesia ke Singapura.

Sebelumnya, maskapai itu telah menghubungkan Singapura dengan lima destinasi menarik di Indonesia melalui penerbangan langsung ke Jakarta, Yogyakarta, Bali, Semarang dan Bandung. AirAsia melakukan penerbangan sebanyak 77 kali per minggu, atau tertinggi di antara maskapai berbiaya hemat lain di wilayah Asean.

“Indonesia menawarkan banyak sekali panorama alam yang indah juga kekayaan flora dan fauna. Kami juga sudah berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan ‘Wonderful Indonesia’ di Singapura,” kata Dendy melanjutkan.

Dalam roadshow Kemenpar ke Airlines dan Airport, Menteri Pariwisata Arief Yahya menawarkan konsep Hot Deals dan more for less. Kemudian meminta penambahan kapasitas tempat duduk untuk menembus 25,5 juta penumpang.

“AirAsia salah satu maskapai yang berkomitmen untuk itu. Sekali lagi terima kasih AirAsia,” kata Arief Yahya.

Untuk mencapai target pariwisata 2018 yaitu 17 juta wisman, dibutuhkan tambahan 1,1 juta tempat duduk atau menjadi 25,5 juta. Menurut Arief, maskapai yang menyediakan tambahan kursi bisa mengoptimalkan pasar utama.

Mengacu data Kemenpar, ada lima pasar yang bisa diekplorasi lagi oleh maskapai. Yaitu pasar Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura dan India. Pada 2017, jumlah wisatawan Tiongkok 1,91 juta atau tumbuh 42,22 persen. Turis Eropa mencapai 1,74 juta wisman atau tumbuh 14,12 persen. Australia 1,10 juta, Singapura 1,31 juta dan India 434,19 ribu.

“Tiongkok sudah jadi pasar utama. Untuk Eropa dijadikan satu karena identik. Meski nomor dua, tapi pasar Eropa menjadi penyumbang devisa terbesar. India juga sangat unik. Pertumbuhannya besar 29 persen. Kondisi itu harus lebih dioptimalkan lagi. Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang tetap menjadi market penting,” kata Menpar mengakhiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*