Produksi Minyak Venezuela Kian Terpuruk

7700
Venezuela Siap Gandeng Perusahaan Migas Rusia

JAKARTA (INDOPETRO) – “Penurunan produksi minyak Venezuela sudah sangat berbahaya bagi pasar minyak global”. Berikut laporan dari RBC Capital Market yg dikutip Oilprice, Kamis (8/2/2018).

Desember lalu, produksi kian merosot, turun sekitar 1,6-1,7 juta barel per hari (bph). Berdasarkan rata-rata produksi tahunan, Barclay memprediksi produksi negara ini akan turun drastis dari 2,18 juta bph di 2017, jadi hanya 1,43 juta bph tahun ini, atau sekitar 700 ribu bph.

Penurunan curam ini malah akan bertambah seiring dengan permintaan minyak dunia yang tumbuh dengan cepat ditambah dengan rencana koalisi Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan non-OPEC yang akan mempertahankan pengurangan suplai hingga 1,8 juta bph.

“Kami akan terus memperketat pasar minyak global di 2018, karena masih banyak potensi geopolitik yang dapat mengganggu suplai,” kata Kepala Strategi Komoditas Global RBC Capital Market.

Seperti Barclay, RBC Capital Market pun memprediksi produksi minyak Venezuela akan menurun sekitar 700 ribu hingga 800 ribu bph.

 

(Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*