Singkawang Bidik Rekor MURI di Cap Go Meh 2018

10900

SINGKAWANG (INDOPETRO) – Cap Go Meh 2018 Singkawang bukan festival biasa. Festival itu diproyeksikan untuk menyabet rekor MURI.

Rekornya coba diukir melalui sembilan replika naga. Semuanya akan dipertontonkan dalam Pawai Lampion pada 28 Februari mendatang di pusat Kota Singkawang. “Akan ada replika naga terbanyak se-Indonesia yang siap tampil di Singkawang. Silakan datang dan menikmati perayaan Cap Go Meh di Singkawang,” kata Ketua Panitia Pembuatan Replika Naga Bong Sin Foo pada Rabu (7/2).

Replika naga itu akan ditampilkan oleh Grup Santo Yosep Singkawang. Semua data dan informasi sembilan replika naga sudah dikirim ke pihak MURI. Tampilan replika didesain semenarik mungkin. Desainnya dibuat sangat fotogenik. Ada naga yang berwarna putih, merah, hijau, biru juga kuning. Sisanya berwarna orange, emas, abu-abu hingga merah muda.

“Biasanya warna naga itu merah, hijau, atau kuning. Tapi, kami memberi nuansa lain. Belum pernah ada warna naga abu-abu, biru, oranye atau bahkan pink. Naga yang berwarna seperti itu, nantinya akan dibawa oleh ibu-ibu,” Bong Sin menambahkan.

Meski di luar pakem, pemilihan warna naga ternyata memiliki filosofi. Yang utama mewakili lima unsur. Ada elemen tanah, tanah, air, api, kayu, dan logam khususnya emas. Sedangkan warna lainnya digunakan untuk menambah semarak saja.

Sentuhan teknologi juga ikut diberikan. Replika naga nantinya akan dipasangi lampu LED. Cahaya yang dipilih diselaraskan dengan warna dasar naga. Karakter naga pun diyakini bakal semakin hidup. LED dan warna naga menyatu dan membuat naga semakin cantik. Dalam kegelapan naga akan terlihat semakin hidup. Kesan seperti itu yang ingin mereka tampilkan.

Ukuran naganya pun bervariasi. Semuanya dibuat berbeda menurut warna. Naga warna emas memiliki panjang 60 meter. Diameternya 0,85 meter. Ruas tubuhnya ada 19. Untuk replika naga hijau, ukurannya 56 x 0,85 meter. Ruas tubuhnya hanya 17.

Ukuran sama untuk naga warna kuning dan merah. Tubuh mereka dibuat 48 x 0,75 meter, lalu memiliki 15 ruas. Bong Sin juga menjelaskan, ukuran setiap ruas naga 3 meter. Ukuran naga warna lain semakin kecil dan pendek. Naga abu-abu dan biru masing-masing berukuran 36 x 0,65 meter. Jumlah ruasnya menyusut menjadi 11. Replika naga warna oranye dan merah muda jadi yang terpendek. Ukurannya 28 x 0,55 meter dengan 9 ruas tubuh.

Mendengar kabar tersebut, Menpar Arief Yahya tidak mau tinggal diam. Ia ikut spontan mempromosikan atraksi wisata budaya terkait Imlek dan Cap Go Meh di Singakawang.

“Tradisi itu akan menjadi daya tarik baik wisman maupun wisnus yang luar biasa ke Singkawang. Silakan tonton puncak perayaan Cap Go Meh di sana,” kata Menpar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*