Sambutan AirAsia Indonesia Bikin Menpar Tersenyum Haru

30300

JAKARTA (INDOPETRO): Roadshow hari kedua di kantor AirAsia Indonesia membuat Menpar Arief Yahya terharu. Ia dibuat ‘jatuh cinta’ dengan hadiah baju putih berlogo AirAsia Indonesia dan Wonderful Indonesia.

Sebagai maskapai Low Cost Carrier (LCC), AirAsia di Indonesia  menyumbang wisman terbanyak. Kini maskapai tersebut juga punya komitmen besar dan serius untuk bersinergi dengan Kemenpar membangun jembatan udara bagi wisatawan mancanegara.

Dalam Roadshow di RedHouse Jl. Marsekal Suryadarma, Tangerang, Banten pada Selasa (6/2), Menpar dibuat terharu. Ia menerima hadiah baju putih, berlogo AirAsia Indonesia dan Wonderful Indonesia. Logo itu dibordir menempel di dada sebelah kanan.

“Wow, keren. Terima kasih AirAsia Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya spontan.

Bukan hanya itu, CEO AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan juga memberi souvenir miniatur Airbus 320 yang juga bercorak khas pariwisata Indonesia dan berlogo Wonderful Indonesia. Logo yang juga dipasang di pesawat A330 AirAsia X Indonesia. Arief Yahya pun kembali haru, setelah sadar semua direksi AirAsia mengenakan baju putih dengan logo Wonderful Indonesia.

Baru kali ini, Menpar Arief tersipu-sipu dengan sambutan yang mengesankan itu. Tidak pernah dia sangka, AirAsia begitu komit untuk berkolaborasi sampai ke level branding. Biasanya, mantan Dirut PT Telkom ini menyampaikan apresiasi pada perusahaan yang mensupport pariwisata Indonesia dari awal bertemu.

Tapi kali ini, Menteri Arief terlalu berkonsentrasi pada content roadshow, soal kebutuhan seats, rute-rute baru, pasar China dan India, sampai ke soal penambahan charter flight. “Sekali lagi, terima kasih AirAsia!,” Arief menambahkan.

Roadshow Menteri Pariwisata ke Airlines dan Airport memiliki tujuan khusus. Pertama, menawarkan konsep Hot Deals more for less. Kedua, meminta menambah seats capacity, untuk
menembus 25,5 juta penumpang. Ketiga, menjadi CoE Calendar of Events 2018 sebagai bagian dari atraksi yang dijual bersama.
Semua program Menpar Arief itu disambut antusias oleh Grup CEO AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan. “Komitmen kami untuk mendukung target pencapaian kunjungan wisman ke Indonesia terus kami wujudkan dengan pembukaan rute-rute baru, baik internasional maupun domestik,” kata Dendy.

Seperti diketahui, untuk mencapai target pariwisata 2018 sebanyak 17 juta wisman, dibutuhkan lagi tambahan 1,1 juta seat atau menjadi 25,5 juta seat. Menurut Menpar , maskapai yang menyediakan tambahan kursi bisa mengoptimalkan pasar utama. Mengacu data Kemenpar, ada lima pasar yang bisa diekplorasi lagi oleh maskapai, yaitu pasar Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, juga India.

Selain pasar potensial, maskapai juga harus jeli dan terbuka melihat momen saat low season. Mengusung konsep sharing economy, low season bisa disikapi dengan discount. Besarannya adalah 30-40 persen. Penurunan harga itu berlaku menyeluruh untuk maskapai, akomodasi, bahkan destinasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*