Produksi Minyak AS Naik Signifikan

13200
Produksi Minyak AS Melonjak

JAKARTA (INDOPETRO)- Amerika Serikat (AS) terus menggenjot produksi minyak mentah ditengah kesepakatan pembatasan produksi minyak negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Berapa volume produksi minyak di negeri Paman Sam tersebut?

Menurut data resmi Badan Energi Informasi (EIA) AS, produksi minyak AS pada minggu ini diperkirakan mencapai 10,59 juta barel per hari, naik hingga 300.000 barel per hari dibandingkan proyeksi pada minggu sebelumnya.

“Yang paling mengejutkan adalah kenaikan luar biasa produksi minyak AS menjadi 10,25 juta barel per hari, naik signifikan dibandingkan posisi pada minggu sebelumnya di level 9,92 juta barel per hari. Jadi jelas bahwa pasar tidak seimbang dan harga minyak pun direspons berbalik menurun cukup tajam,” kata Fawad Razaqzada, Analis Pasar di Forex.com, seperti disinyalir Reuters, Kamis (8/2/2018).

Kenaikan produksi minyak AS yang sangat signifikan ini tercatat lebih dari 20 persen sejak pertengahan 2016, sehingga membuat usaha OPEC dan Rusia untuk mengendalikan harga minyak terasa sia-sia. Pasalnya, upaya ini justru membuat para produsen minyak AS berlomba-lomba mendongkrak harga memanfaatkan kenaikan harga minyak.

EIA juga mengeluarkan Prospek Energi Tahunan 2018 (AEO2018) pada Selasa (6/2/2018). Lembaga tersebut menyampaikan bahwa tingginya produksi minyak AS, akan menyebabkan kondisi ekonomi lebih menguntungkan bagi para produsen minyak, mendukung tingkat ekspor yang lebih tinggi dan konsumsi domestik yang lebih rendah. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*