Tidak Sedikit Kontraktor Hulu Migas Salah Paham Soal Gross Split

9700
Pengamat Sayangkan Sikap Wamen ESDM Tegur Panitia IPA Convex 2018
Foto : merdeka.com

indoPetroNews- Walaupun skema Gross Split, menggantikan rezim production sharing contract (PSC) Cost Recovery telah diluncurkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) hampir setahun silam tetapi tidak sedikit Kontraktror Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) dalam industri hulu minyak dan gas bumi (migas) yang masih ragu dan menunggu. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar.

“Masih ada pihak kontraktor yang bersikap wait and see terhadap skema bagi hasil Gross Split,” kata Arcandra, Jumat (2/2/2018) di Jakarta. Beberapa diantaranya datang langsung bertemu pihak kementerian untuk mendapatkan penjelasan mengenai skema tersebut. “Kebanyakan mereka misunderstanding tentang term Gross Split,” imbuh Arcandra.

Seperti diketahui, KESDM telah mengumumkan 5 Kontraktror Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) sebagai pemenang Penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas Konvensional  Tahun 2017, pada Rabu (31/1/2018).  Menurut Arcandra, kelima WK tersebut merupakan kontraktor  besar. “Yang ambil bid document kita bukan small company,” kata Arcandra yang mengonfirmasi langsung kapasitas perusahaan kepada Mubadala dan Repsol pada acara pengumuman pemenang tersebut.

Menjawab pertanyaan Wamen, Mubadala Petroleum menyatakan perusahaannya bukan merupakan perusahaan kecil, tetapi juga bukan perusahaan besar. Sementara Repsol Exploration dengan tegas menjawab bahwa perusahaannya merupakan perusahaan migas yang besar.

Lebih jauh Arcandra mengatakan bahwa perusahaan yang memenangkan lelang migas  2017, sebelumnya telah melalui proses evaluasi  dan memenuhi 3 persyaratan yaitu dari sisi legal perusahaan, kapasitas teknikal dan kemampuan finansial.  “Kita lakukan evaluasi dan kita berharap yang mengambil blok ini adalah company yang benar-benar ingin berinvestasi,” katanya.

Proses penentuan pemenang dilakukan secara transparan dan berlangsung secara cepat yaitu 1 bulan sesudah penawaran dinyatakan tutup. Sebelumnya, pengumuman pemenang memakan waktu 1 hingga 3 bulan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*