Menteri ESDM & Kepala SKK Migas Minta BP Berau Perhatikan Pekerja Papua Barat

39200
Menteri ESDM & Kepala SKK Migas Minta BP Berau Perhatikan Pekerja Papua Barat
Foto : cnn.com

indoPetroNews- Industri hulu minyak dan gas bumi (migas) sejatinya mempunyai dampak pada terbukanya lapangan kerja di daerah sekitar operasi. Pun juga pada British Petroleum (BP) melalui BP Berau Ltd, sebagai operator Tangguh LNG di Teluk Bintuni, Papua Barat.

“Aspek  penyerapan dan peningkatan kualitas tenaga kerja asal Papua perlu diperhatikan,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dalam kunjungan kerja di London (30/1/2018).

Ia menyebutkan Kementerian ESDM memberikan perhatian lebih kepada pengembangan masyarakat Papua, terutama di bidang yang terkait dengan proyek-proyek energi.

Harapan Jonan juga diamini Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi. Amien yang turut mendampingi Menteri ESDM, mengatakan saat ini BP telah memberikan komitmen untuk penyerapan tenaga kerja asal Papua.

“Dari sekitar 7.000 karyawan di proyek konstruksi Tangguh, sebanyak 30%-nya adalah orang Papua. Mereka anak-anak muda yang baru lulus sekolah untuk dilatih dan dibina,” ujar Amien.

Dia menyebutkan BP juga harus memperhatikan nasib karyawan tersebut ketika proyek konstruksinya berakhir. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*