Indonesia Timur Jadi Target Percepatan Elektrifikasi

26600

indoPetroNews- Upaya untuk mempercepat elektrifikasi di wilayah Indonesia Timur menjadi salah satu target PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama (Dirut) PT PLN, Sofyan Basir.

“PLN akan segera percepat proses elektrifikasi di Papua, NTT, dan Maluku. Kita akan buru. Target elektrifikasi kan 97%, kita sudah sampai 93% koma sekian. Tahun 2019 kan 97%, kita lebih cepat,” kata Sofyan pada sejumlah media, Jumat (2/2/2018) di Jakarta.

Dia menjelaskan, upaya memasok listrik ke kawasan Indonesia Timur ini bekerja sama dengan Kementerian ESDM. Sementara ini, ESDM memasok listrik ke daerah terpencil untuk kebutuhan khusus misalnya lampu dan charge telepon seluler.

Menurutnya, pihaknya akan memberikan pasokan listrik untuk kebutuhan rumah tangga secara keseluruhan. “Yang tadinya ESDM, akan digantikan listrik yang tetap. ESDM kan untuk lampu dan charge HP, kita gantikan dengan elektrifikasi yang tetap,” katanya.

Mantan Dirut BRI ini menyatakan, PLN menghendaki bisa mendapat pasokan batu bara dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) dan bisa mendapat harga khusus.

Menurut Sofyan, Kementerian ESDM sedang mengkaji penurunan harga batu bara. Jika tak ada perubahan, keputusan harga batu bara dalam negeri keluar Februari ini. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*