Menteri ESDM Lakukan Kunjungan Kerja ke Inggris

19200
Menteri Jonan Anggap Cost Recovery Sangat Ketinggalan Zaman
Foto : Istimewa

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mewujudkan komitmennya dalam melakukan penataan sektor energi dan mineral di seluruh wilayah Indonesia melalui kebijakan Energi Berkeadilan. Pemangkasan perizinan dan program pemerataan infrastruktur energi menjadi fokus dalam memberikan akses energi agar semakin mudah dijangkau dan harga yang makin kompetitif.

Hal tersebut menjadi poin penting yang disampaikan Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam diskusi Indonesia Roundtable Series bersama pimpinan Bloomberg di London. Di sektor migas, Kementerian ESDM telah menyederhanakan perizinan dari 104 menjadi 6 perizinan. Sementara, sektor minerba kini hanya ada 6 perizinan dari sebelumnya 117 perizinan, 5 perizinan bagi sektor ketenagalistrikan dan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) menyisakan 10 perizinan.

“Di kementerian yang saya pimpin, perizinan di bidang minyak dan gas sekarang cuma enam izin dari sebelumnya 104 perizinan. Kami akan terus memangkas dan mempermudah perizinannya,” ujar Menteri Jonan di depan CEO Bloomberg Costantin Cotzias dan stafnya di Kantor Pusat Bloomberg, London pada Selasa (30/1/2018) waktu setempat, yang turut diikuti pula oleh Asosiasi Profesi Muda Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan juga mengalami kemajuan pada dua tahun terakhir. Hal ini dibuktikan dengan 70 kontrak penandatangan Power Purchase Agreement (PPA) berbasis EBT dengan kapasitas lebih dari 1,2 GW. Kemajuan ini berdampak pada terlampuinya target rasio elektrifikasi pada akhir 2017 mencapai 95,4%, naik dari pencapaian  sebesar 91,2% di 2016.

Selain itu, beberapa kebijakan strategis lain diimplementasikan oleh pemerintah untuk mereformasi sektor ESDM di Indonesia, seperti penggunaan skema Gross Split bagi hulu migas hingga implementasi Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga yang memberikan harga BBM sama di seluruh wilayah Indonesia. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*