J.P Morgan Prediksi Harga Minyak 2018 Tembus US$78 per Barel

34000
J.P Morgan Prediksi Harga Minyak 2018 Tembus US$78 per Barel
Foto : bisnis.com

indoPetroNews- Bank investasi internasional, J.P Morgan, memprediksi harga minyak Brent akan mencapai US$78 pada semester I-2018. Tercatat hari ini harga brent masih berada di titik US$68,78 per barelnya.

Semakin pulihnya perekonomian global, menjadi dasar analisis J.P Morgan memprediksi permintaan minyak kembali meningkat, begitu pun dengan harga minyak global. Meski dinilai ambisius, prediksi J.P Morgan pernah terwujud saat harga minyak Amerika Serikat West Texas Intermediate (WTI) yang sempat menyentuh US$66 per barel.

Meski demikian, para analis juga mengakui terdapat faktor yang mengancam terhambatnya kenaikan harga minyak, yaitu produksi minyak di Amerika dan negara-negara di luar Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang semakin meningkat.

“Tahun 2018 akan terbagi menjadi dua babak. Babak pertama adalah soal permintaan dan babak kedua adalah tentang produksi sebagai reaksi dan meningkatnya harga minyak di babak pertama,” kata Analis Senior J.P Morga, Abishek Deshpande, dalam sebuah wawancara dengan CBNC seperti dikutip OilPrice, New York, Rabu (31/1/2018).

Deshpande yakin pada paruh pertama tahun ini harga minyak akan melonjak, bahkan mencapai US$78 per barel untuk Brent di kuartal pertama dan kedua.

“Pengeboran minyak akan meningkat sebagai respon dari kenaikan harga minyak meski harganya akan tetap bertahan di level 70 dolar AS oer barel,” lanjut Deshpande.

Prediksi ini tentu menaikkan harapan produsen minyak internasional. Hal ini terlihat dari koreksi harga yang terjadi dalam tren bullish minyak yang diharapkan dapat menurunkan produksi minyak untuk kontrak enam bulan mendatang.

“Per 23 Januari produksi minyak sudah turun 44 juta barel menjadi 1,48 juta barel,” ujar Deshpande. (Gadih/OilPrice)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*