Iran Sebut Harga Minyak Sudah Bagus

28300
Tim harga minyak KESDM : Harga ICP April Naik
buzznigeria.com

indoPetroNews- Republik Islam Iran menyambut baik adanya kenaikan harga minyak mentah di pasar global. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perminyakan Iran, Bijan Zanganeh.

“Harga minyak di kisaran $64,11 per barel itu ‘bagus'”, katanya, seperti disinyalir Bloomberg, Rabu (31/1/2018). Namun, ia juga memperingatkan kalau harga lebih tinggi dari itu, maka akan mendorong digiatkannya produksi dari sumber-sumber suplai minyak yang membutuhkan biaya tambang lebih besar, seperti minyak shale Amerika Serikat (AS), dan pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan harga.

Sebagai informasi, produksi minyak Iran dan kuotanya dalam OPEC (Organisasi Negara-negara pengekspor Minyak) telah kembali ke level sebelum terkena sanksi, menurut laporan BP Statistical Review of World Energy akhir 2017.

Sebelum dikenai sanksi ekonomi oleh Barat karena program nuklirnya, Iran di akhir 2011 memproduksi minyak sedikit di bawah empat juta barel sehari dan mengekspor sekitar 2,2 barel per hari.

Dalam laporan itu, produksi minyak negara Mullah tersebut tahun lalu meningkat 700 ribu barel sehari. Total produksi minyak di Timur Tengah pun naik hingga 1,7 juta barel per hari, didorong oleh kenaikan produksi Iran, Irak (400 ribu barel), dan Arab saudi (400 ribu barel).

Laporan dilansir Selasa lalu itu, OPEC menyebutkan Iran bulan lalu menghasilkan 3,795 juta barel minyak sehari, meningkat empat ribu barel ketimbang produksi April sebesar 3,791 juta barel saban hari.

Menurut OPEC, produksi minyak Iran di kuartal pertama tahun ini sebanyak 3,796 juta barel tiap hari, melonjak dibanding 3,741 juta barel sehari di kuartal pertama tahun lalu. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*