Tingkatkan Investasi, Pertamina Incar Blok Migas Aljazair dan Iran

24000
Mustahil Pemerintah Tidak Hambat Investasi
Foto : istimewa

indoPetroNews- PT. Pertamina (Persero) tengah membidik blok minyak dan gas bumi (migas) di luar negeri untuk dikelola. Blok yang dimaksud berada di Aljazair dan Iran.

Saat ditemui wartawan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (29/1/2018), Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman mengaku saat ini perusahaan migas plat merah itu sudah melakukan studi terkait blok -blok terserbut. Namun belum ada dana investasi yang dialokasikan untuk 2018.

“Tahun ini mungkin studi-studi dulu. Biaya investasinya kemungkinan akan dialokasikan di 2019,” kata Arief.

Arief juga menjelaskan bahwa, untuk 2018, pihaknya telah mengalokasikan dana investasi di hulu migas dan panas bumi hingga US$3,29 miliar atau Rp44 triliun. Angka ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sekitar US$2,5 miliar.

Adapun sebagaian besar dana dialokasikan untuk Blok Mahakam yang di awal tahun baru dipindahtangankan hak kelolanya dari Total E&P Indonesie.

“Mahakam proyek baru, dulu cuma 14 sumur sekarang puluhan, jadi investasinya lebih banyak,” katanya.

Selain Blok Mahakam, dana itu untuk mengelola delapan blok yang akan habis kontraknya, yakni Sanga-Sanga, South East Sumatera (SES), Tuban, Ogan Komering, NSO, Tengah, East Kalimantan, dan Attaka.

Tahun ini, Pertamina juga menganggarkan US$ 838 juta untuk pemasaran. Dana ini untuk peningkatan infrastruktur pasokan dan distribusi, peremajaan kapal dan pelaksanaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di 50 titik daerah tertinggal.

Anggaran untuk Direktorat Mega Proyek, Pengolahn dan Petrokimia dipatok hingga US$ 838 juta. Sementara Direktorat Pengolahan mendapat anggaran sebesar US$167 juta. Proyek gas US$279 juta dan riset pendukung dianggarkan hingga US$167 juta.

Total, belanja modal yang dialokasikan Pertamina di 2018 mencapaiUS$5,59 miliar. Meningkat dibanding tahun lalu yang hanya US$3,6 miliar. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*