Kepmen Tarif Baru Listrik Segera Diteken

34400
Pemerintah Kendalikan BPP agar Tarif Listrik Tidak Naik
Foto : m.tempo.co

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) akan segera mengeluarkan Keputusan Menteri ESDM (Kepmen)  formula baru tarif listrik. Pasalnya, harga batu bara acuan (HBA) akan masuk sebagai komponen formula tarif listrik.

Selama ini acuan tarif listrik berdasarkan inflasi, kurs dolar Amerika Serikat (AS) dan harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP).

Kepastian dimasukkannya HBA ini diutarakan oleh Andy Someng, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, pada sejumlah media,  Senin (29/1/2018) di Jakarta. “Mungkin bulan depan, atau Maret. Mungkin paling lama sama-sama dengan ini kali ya sama berkaitan BPP 2017,” kata Andy.

Menurut Andy, upaya untuk memasukkan HBA dilakukan seiring berkurangnya porsi penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Pada  2026, diperkirakan sekitar 0,05% PLTD dari total pembangkit yang beroperasi secara penuh. Untuk itu, diperlukan komponen HBA sebagai formula tambahan penghitungan tarif listrik. “Saya udah lapor ke Menteri bulan lalu,” kata Andy.

Penghitungan HBA sebagai komponen tambahan tarif listrik juga akan diberlakukan untuk pelanggan non subsidi 1.300 VA ke atas. “450 VA (dan) 900 VA enggak disentuh,” kata Andy. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*