Harga IPO Aramco Bukan di Tangan Pemerintah

7800
Pernyataan Menteri Perminyakan Arab Saudi Picu Turunnya Harga Minyak
Foto : bisnis.com

indoPetroNews- Nilai jual IPO (penjualan saham perdana) Saudi Aramco akan ditentukan oleh pasar, bukan oleh pemerintah Saudi atau perusahaan.

Demikian salah satu poin pidato Menteri Energi Arab Saudi sekaligus Chairman Saudi Aramco Khalid al-Falih di Forum Ekonomi Dunia, Rabu (24/1/2018) di Kota Davos, Swiss.

Falih menyatakan IPO Aramco mesti dilihat dalam konteks agenda ekonomi Arab Saudi lebih besar, termasuk program swastanisasi bernilai miliaran dolar Amerika Serikat.

“(Putera Mahkota) Pangeran Muhammad bin Salman dan semua orang terlibat dalam proses privatisasi menyadari valuasi IPO Aramco ditentukan oleh pasar,” kata Falih, seperti dikutip Reuters, Kamis (25/1/2018). Falih juga menegaskan, “Kami tidak bisa menentukan harga saham, pasar akan melakukan itu.”

Menurut Falih Aramco dan pemerintah Arab Saudi sudah melakukan banyak hal untuk mempersiapkan IPO. Dia juga menambahkan Arab Saudi mempunyai cadangan minyak sebanyak 260 miliar barel.

Seperti diketahui, IPO Aramco dijadwalkan dilaksanakan di semester kedua 2018. IPO Aramco diyakini akan menjadi terbesar di dunia dan diprediksi bisa meraup dana US$ 100 miliar. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*