Tersedianya Waktu &  Seriusnya Kontraktor Tantangan Terbesar EOR

54600
Tersedianya Waktu &  Seriusnya Kontraktor Tantangan Terbesar EOR
istimewa

indoPetroNews- Teknologi yang digunakan dalam penerapan kegiatan Enhanced Oil Recovery (EOR) sudah cukup banyak dan terbukti di industri minyak dan gas bumi (migas) di seluruh dunia. “Lapangan Duri merupakan salah satu bukti yaitu dengan menggunakan metode Steam Flood yang sudah diterapkan sejak 1985 mampu memberikan tambahan produksi dan peningkatan cadangan yang cukup signifikan,” kata  Deputi Perencanaan
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Jaffe Suardin, medio Januari lalu.

Pada  2016, SKK Migas bekerjasama dengan TM ITB melakukan studi potensi penambahan cadangan dari kegiatan Tertiary Recovery/EOR, diperoleh hasil dari 136 lapangan yang tersebar di Indonesia dapat memberikan tambahan cadangan sebesar 4,6 milyar BO apabila dilakukan kegiatan EOR menggunakan thermal, CO2 injection dan chemical injection dengan sesegera mungkin.

Menurut Jaffe,  tantangan terbesar dalam penerapan EOR adalah ketersediaan waktu dan keseriusan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) dalam melakukan kegiatan EOR. Cukup banyak Kontraktor KKS yang memiliki potensi EOR namun akan habis kontrak dalam 2-4 tahun ke depan. Padahal tahapan penerapan EOR, lanjut Jaffe, memerlukan waktu yang cukup lama sejak persiapan laboratorium, field trial, hingga penerapan penuh skala lapangan. SKK Migas sedang mengupayakan tahapan laboratorium hingga ke skala lapangan dapat dipersingkat namun masih memenuhi good engineering practice yang baik.

Sebagai catatan, EOR adalah suatu metode yang digunakan untuk meningkatkan cadangan minyak pada suatu sumur dengan cara mengangkat volume minyak yang sebelumnya tidak dapat diproduksi atau bisa dikatakan EOR ini adalah optimisasi pada suatu sumur minyak agar minyak-minyak yang kental, berat, poor permeability dan irregular faultlines bisa diangkat ke permukaan.

Secara umum, kegiatan eksploitasi terbagi menjadi tiga fase, yaitu primer, sekunder dan tersier. Fase primer adalah fase dimana lapangan baru dikembangkan. Saat produksi mulai turun seiring dengan penurunan tekanan pada reservoir, kegiatan eksploitasi masuk pada fase sekunder dimana sumur minyak akan di-injeksikan air atau gas untuk memberikan tekanan tambahan ke dalam reservoir dan mendorong minyak mengalir ke sumur-sumur produksi. Setelah fase sekunder, kegiatan eksploitasi masuk fase tersier dan pada fase tersier inilah EOR akan diterapkan.

Ada beberapa metode EOR, yaitu: thermal recovery, gas miscible dan chemical flooding. Metode thermal  dan gas miscible flooding dipilih untuk mengubah karakteristik fluida. Sedangkan chemical flooding dapat mengubah karakteristik fluida dan batuan.

Pada thermal recovery, metode yang digunakan dengan cara memanaskan minyak mentah dalam formasi untuk mengurangi viskositas dan menguapkan sebagian dari minyak sehingga menurunkan rasio mobilitas. Selain itu, peningkatan panas mengurangi tegangan permukaan dan meningkatkan permeabilitas minyak. EOR tipe thermal recovery ini pertama kali diterapkan di Venezuela pada 1960.

Sedang gas miscible biasanya digunakan sebagai metode tersier karena pemulihannya melibatkan peng-injeksi-an gas alam, nitrogen atau karbon dioksida ke dalam reservoir. Gas-gas ini dapat mendorong minyak melalui reservoir atau akan ikut larut di dalam minyak sehingga menurunkan viskositas dan meningkatkan aliran minyak tersebut.

Gas injection EOR yang paling popular adalah karbon dioksida EOR(CO2-EOR). Pertama kali digunakan di Amerika Serikat pada awal 1970-an di Texas. Hampir setengah dari EOR yang digunakan di AS adalah bentuk injeksi gas.

Chemical Flooding
Prinsip kerja chemical flooding-EOR ini adalah membebaskan minyak yang terperangkap di dalam reservoir. Metode ini menggunakan long chained moleculs yang berupa polimer dan diinjeksikan ke dalam reservoir untuk meningkatkan efisiensi waterflooding atau untuk meningkatkan efektivitas surfaktan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*