Irak Gandeng BP Dongkrak Produksi Minyak

38500
Irak Gandeng BP Dongkrak Produksi Minyak
Ada 26 Perusahaan Ikut Tender Eksplorasi Migas di Irak. Foto : Istimewa

indoPetroNews- Pemerintah Irak dan British Petroleum (BP)  menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan kapasitas produksi di ladang-ladang minyak di Kirkuk.

Melalui keterangan tertulis, Kementerian Perminyakan Irak, menyatakan penandatanganan kerja sama disaksikan oleh Menteri Perminyakan Jabar al-Luaibi dan Presiden BP untuk Timur Tengah Michael Townshend. Penandatanganan perjanjian dilakukan di kantor North Oil Company, perusahaan minyak pemerintah Irak, di Kota Kirkuk. Demikian dikutip Reuters, Selasa (23/1/2018).

Twonshend mengatakan berdasarkan kesepakatan tersebut, BP akan meningkatkan kapasitas produksi menjadi 750 ribu barel per hari, naik dua kali ketimbang kapasitas saat ini.

Luaibi memulai pembicaraan dengan BP Oktober tahun lalu, beberapa hari setelah pasukan pemerintah mengambil alih Kirkuk dari Kurdi.

BP pada 2013 telah menyetujui untuk membantu Baghdad mengatasi penurunan tajam produksi minyak di Kirkuk.

Ladang-ladang minyak di Kirkuk merupakan salah satu terbesar dan tertua di Timur Tengah. Menurut BP, Kirkuk mempunyai cadangan minyak sekitar sembilan miliar barel.

Diketahui, pasukan Irak mengambil alih semua ladang minyak di Kirkuk, wilayah utara negara Dua Sungai itu, Oktober 2017 lalu setelah mengusir pasukan Kurdi, berkuasa di sana sejak medio 2014. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*