Tak Lama Lagi, PGN Jadi Anak Usaha Pertamina

28500
FSPPB Tolak Akuisisi Pertagas Oleh PGN
Foto : jitunews.com

indoPetroNews- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk akan menjadi anak usaha PT Pertamina (Persero). Walaupun demikian bisnis PGN tetap fokus pada  sektor gas bumi. Demikian diungkapkan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, pada sejumlah media, Senin (22/1/2018) di Jakarta.

Bersamaan dengan itu, lanjutnya, Pertagas yang merupakan anak usaha Pertamina akan  dialihkan ke PGN yang memiliki bisnis yang sama, yaitu gas. Akan tetapi, pemerintah masih memiliki wewenang untuk mengontrol PGN lewat saham seri A dwiwarna yang masih ada di PGN.

“Rencananya seperti itu. Dalam perencanaan memang midstream to downstream dari gas akan ditangani PGN nantinya,” katanya.

Berdasarkan jadwal pembentukan holding BUMN migas yang beredar, hari ini akan dilakukan RUPS Pertamina mengenai persetujuan pengalihan saham seri B negara di PGN serta persetujuan pengambilalihan saham Pertamina di Pertagas oleh PGN.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VI DPR Bowo Sidik Pangarso berpendapat, Holding Migas yang akan dibentuk, tidak perlu didahului proses akuisisi PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terhadap PT Pertamina Gas (Pertagas). Sebab saat menjadi Holding Migas maka secara otomatis Pertagas akan menyatu dengan PGN.

“Saat ini tidak perlu akuisisi, biarkan dulu masing-masing. Pada waktu holding, Pertagas otomatis akan berada di bawah PGN. Dia menjadi entitas bisnis yang sama, supaya tidak terjadi lagi dualisme,” kata Bowo.

Menurutnya, Holding Migas memang harus dibentuk terlebih dahulu, dimana Pertamina menjadi induk holding. Barulah setelah itu akan terjadi konsolidasi, untuk memperjelas mana yang menjadi bagian dari bisnis minyak dan gas. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*