Wamen ESDM Minta Puslitbang Terapkan  BLU-nya Lemigas

51900
Wamen ESDM Minta Puslitbang Terapkan  BLU-nya Lemigas
istimewa

indoPetroNews- Balitbang KESDM dalam melaksanakan Badan Layanan Umum (BLU) diharapkan selain membangun kepercayaan pelaku bisnis di sektor ESDM, juga bisa menggunakan jasa/layanan Balitbang ESDM dalam menjalankan bisnisnya. “BLU dapat dijadikan sarana atau transformasi Balitbang ESDM menuju lembaga riset yang ahli dan profesional. Sekaligus sarana mengintensifkan  PNBP di sektor ESDM,” kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM), Arcandra Tahar, Kamis (18/1/2018) di Jakarta.

Oleh karena itu, lanjut Wamen, sesuai arahan Menteri ESDM,  Ignasius Jonan, hasil produk penelitian (tangible asset) dan keahlian para peneliti (intangible asset) harus bermanfaat kepada masyarakat atau komersial dan harus menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yaitu PNBP harus lebih besar dari anggaran yang selama ini yang diberikan pemerintah yaitu APBN, tentunya melalui pelaksanaan BLU.

Wamen menyatakan Menteri ESDM sejak Januari tahun lalu, mengharapkan Puslitbang yang ada di lingkungan Balitbang ESDM menerapkan pola Pengelolaan Keuangan BLU, seperti yang telah diterapkan oleh Puslitbangtek Migas “Lemigas”. Hal tersebut menjadi sebuah tuntutan dan sekaligus tantangan dalam menangkap kebutuhan pasar, mengembangkan produk atau jasa yang dapat diterima pasar sekaligus menguntungkan bagi organisasi khususnya dan masyarakat pada umumnya dengan mengutamakan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas.

“Tiga Pusat lainnya yang ada di Balitbang telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan menjadi Satker BLU pada Desember 2017. Dengan penetapan sebagai BLU, diharapkan Balitbang dapat lebih mandiri, profesional dan bereputasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya,” katanya.

Dia juga berharap agar para peneliti KESDM dapat mengembangkan produk atau keahliannya di wilayah pengoperasian wilayah kerja (WK) migas, panas bumi dan minerba  serta memanfaatkan potensi aset (tangible dan intangible asset) KESDM, seperti Kapal Survei Geomarin III, Gasmin, Siklon, Airgun, Mobile Rig  dan WK Gas Suar Bakar. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*