OPEC Dinilai Sukses Kurangi Inventori Global

21300
OPEC Himbau Anggotanya Genjot Produksi
Foto : seputarforex.com

indoPetroNews- Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC atau Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi dinilai telah berhasil untuk mengurangi surplus inventori (stok minyak mentah) di dunia global.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sanjeev Bahl, analis di Edison Investment Research.

“Kita mencatat dalam outlook tahun 2018 OPEC telah sukses mengurangi surplus inventori global, dan pertumbuhan permintaan tetap sehat dalam jangka pendek”. Lanjutnya lagi,” kata Bahl, seperti dikutip oleh Reuters, Kamis (18/1/2018).

Menurut Bahl, terdapat  potensi bagi harga minyak untuk bergerak lebih tinggi seiring (persediaan minyak mentah dalam) inventori bergerak ke level normal.

Perusahaan hedging Global Risk Management juga mengungkapkan dalam outlook 2018-nya bahwa kemungkinan kenaikan harga minyak tahun ini nampak tak terelakkan.

Latar belakangnya karena pemangkasan output yang dirintis oleh OPEC dan Rusia, serta risiko politik di Iran, resesi di Venezuela, dan konflik bersenjata di Libya. Pernyataan tersebut pun disampaikannya, meski produksi minyak AS yang saat ini berada pada laju 9.5 juta barel per hari (bph), diperkirakan akan naik hingga tembus 10 juta bph. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*