Jangan Korbankan Pertamina Demi Syahwat Politik

20100
Calon Dirut Pertamina Definitif Harus Ahlinya
Foto: komoditas.co.id

indoPetroNews- Pergantian jajaran direksi PT Pertamina (Persero) adalah hak mutlak dari pemerintah sebagai penyelenggara Undang-undang. Namun demikian hak tersebut sebaiknya tidak dipergunakan untuk kepentingan politik dan kepentingan kekuasaan. “Tidak elok kalau sampai kekuasaan menggunakan haknya untuk merombak direksi Pertamina demi tujuan tertentu, terutama tujuan politik,” kata Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaean, pada sejumlah media, Rabu (17/1/2018) di Jakarta.

Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) agar apabila direktur pemasaran Pertamina diganti, maka sebaiknya diangkat dari dalam internal pertamina sendiri yang mempunyai pengalaman dalam pemasaran.

“Jangan asal sembarangan karena kuatir nanti bila orang baru masuk dan tidak memahami rantai distribusi di Pertamina, maka suplay akan terganggu,” lanjut Ferdinand. Memang sistem sudah berjalan, tapi sistem bisa rusak dan terganggu jika dipimpin oleh orang yang salah.

Oleh sebab itu, sebaiknya direktur pemasaran diangkat dari internal pertamina misalnya Senior Vice Presiden pemasaran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Seperti diberitakan, saat ini berhembus isu akan ada pergantian direktur pemasaran Pertamina. Jabatan tersebut masih dijabat oleh Iskandar. “Posisi direktur pemasaran akan diisi oleh orang Telkom,” kata Noviandri, Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) pada sejumlah media, Selasa (16/1/2018) di Jakarta.

PT Pertamina (Persero) pada dasarnya tidak menolak keberadaan jajaran direksi yang diambil (dan akan masuk) dari luar perusahaan. Namun patut dipertimbangkan posisi jabatannya jika berkaitan dengan posisi teknis-operasional.

Menurut Noviandri, kedudukan direktur pemasaran sangat komplek dan teknis. “Ini berkaitan dengan jaringan, distribusi dan produk-produk Pertamina,” katanya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*