President PetroChina Anggap Gross Split Tidak Masalah

28700
President PetroChina Anggap Gross Split Tidak Masalah
istimewa

indoPetroNews- PetroChina tidak menganggap satu masalah dengan skema Gross Split yang ditawarkan pemerintah. “Ini tidak masalah. Karena kita berbisnis di Indonesia kita mengikuti aturan yang ada,” kata President PetroChina, Gong Bencai, pada sejumlah media, Rabu (10/1/2018) di Jakarta. Gross Split memberi fleksibilitas dan efisiensi.

“Kita dapat melakukan keleluasaan dalam berbisnis,” tambahnya. Karena itu, pihak perusahaan, imbuhnya, akan aktif mengikuti tender. Selain itu pihaknya juga berencana mengaktifkan 1 blok yang selama ini tidak aktif.

Diakui Gong Bencai, kendati bisnis minyak saat ini lesu tetapi perusahaan ini akan melakukan ekspansi di Indonesia.

Untuk diketahui Blok Jabung saat ini berproduksi sebanyak 55.000 barel per hari. “Kita harapkan bisa meningkat sebesar 60.000 barel per hari pada tahun ini,” imbuh Gong Bencai seraya menambahkan pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan Pertamina.

Lebih jauh Gong Bencai mengungkapkan bahwa PetroChina juga berencana mengebor dan komplesi 16 sumur baru, 17 kegiatan kerja ulang (workover) dan 123 kegiatan perawatan sumur.

Sejak 2002 kontribusi PetroChina di Blok Jabung dalam bentuk pajak mencapai lebih US$ 3 miliar. “Sebesar $9,5 miliar. Untuk investasi $5 miliar,” kata Gong Bencai. Saat ini PetroChina telah menanamkan investasinya senilai US$300 juta. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*