Pipa Minyak Forties Sudah Aktif  Lagi

48700
Pipa Minyak Forties Sudah Aktif  Lagi
Foto : tempo.com

indoPetroNews- Pipa minyak milik Inggris yang retak di Laut Utara pada 11 Desember 2017 dinyatakan telah selesai diperbaiki.

Menurut operator Forties Pipeline, Ineos, pipa minyak sudah mulai aktif kembali setelah absen selama dua minggu. Walaupun demikian pipa belum seutuhnya normal. Jalur vital yang mengalirkan minyak jenis Brent Laut Utara ke industri minyak dan gas bumi (migas) Inggris tersebut baru akan beroperasi normal pada awal Tahun Baru 2018.

Kontan saja kabar ini mendorong harga minyak turun kembali walaupun tetap bertahan di kisaran level tinggi. “Perlu diketahui bahwa ladang dan pipa minyak sudah tua dan kemungkinan mengalami masalah-masalah, sehingga itulah barangkali mengapa pasar tidak melakukan aksi jual,” kata Scott Shelton, seorang broker di ICAP, North Carolina seperti dikutip Bloomberg, Jumat (29/12/2017).

Selain itu, rendahnya volume trading pada pengujung tahun ini juga mencegah pergerakan besar pada harga minyak. Aktivitas perdagangan cenderung sepi pasca libur Natal dan menjelang Tahun Baru. Sebelum pipa minyak Forties diperbaiki, untuk sementara waktu jalur minyak dari pipa tersebut ditutup. Bahkan, mengakibatkan harga minyak naik sepekan lalu.

Sebagai catatan, jaringan pipa Forties tersebut dilaporkan membawa sekitar 450.000 barel per hari minyak mentah Forties dari ladang-ladang lepas pantai di Laut Utara ke pabrik pengolahan di Skotlandia. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*