Kontraktor Masukkan Penawaran WK Migas Paska PP Pajak Diteken Presiden

28800
Pertamina Ditawari ESDM Kelola Proyek IDD

indoPetroNews- Sejumlah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) sudah memasukkan Dokumen Penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas Tahun 2017 beberapa saat setelah Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2017 tentang Perlakuan Perpajakan pada Kegiatan Usaha Hulu Migas Dengan Kontrak Bagi Hasil Gross Split ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM, Tunggal. “Respon KKKS baik. Sudah ada yang memasukkan dokumen penawaran WK,” ujar Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM, Tunggal, Kamis (28/12/2017) di Jakarta. Pihak Kontraktor KKS, merasa lebih yakin untuk berinvestasi di Indonesia setelah PP Perpajakan Gross Split diteken Presiden.

“Sebelumnya, Kontraktor KKS sempat merasa khawatir untuk menanamkan modalnya jika PP ini tidak ditandatangani Presiden. Mereka khawatir (berinvestasi) kalau Presiden tidak tanda tangan,” imbuh Tunggal.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Susyanto di Jakarta, Kamis (28/12/2017) menyatakan, “Sudah (ditandatangani), PP No 53/2017 tanggal 27 Desember 2017 RPP tentang Perlakuan Perpajakan Pada Kegiatan Usaha Hulu Migas Dengan Kontrak Bagi Hasil Gross Split.”

Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2017 tentang Perlakuan Perpajakan pada Kegiatan Usaha Hulu Migas Dengan Kontrak Bagi Hasil Gross Split. Aturan ini ditetapkan pada 27 Desember 2017 dan diundangkan 28 Desember 2017.

Sebagai catatan, Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2017 tentang Perlakuan Perpajakan pada Kegiatan Usaha Hulu Migas dengan Kontrak Bagi Hasil Gross Split, terdiri dari 12 Bab dan 34 Pasal. Aturan ini telah lama ditunggu-tunggu investor, terutama terkait dengan Penawaran WK Migas Tahun 2017 di mana Pemerintah melelang 15 blok migas terdiri dari 10 blok migas konvensional dan 5 blok non konvensional. Batas akhir untuk akses dokumen blok migas pada tanggal hingga 31 Desember 2017. Nantinya, pemenang lelang tersebut akan menggunakan skema kontrak bagi hasil Gross Split. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*