SKK Migas Gandeng Sinopec untuk Teknologi EOR

8100
SKK Migas Gandeng Sinopec untuk Teknologi EOR

indoPetroNews- Untuk menunjang peningkatan produksi minyak di dalam negeri, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menjalin kerjasama dengan Sinopec, perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Cina. Kerjasama difokuskan pada penerapan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR) di Indonesia.

Penandatanganan MoU  antara SKK Migas dengan Sinopec dilakukan oleh Amien Sunaryadi, SKK Migas dan Zhang Yu, President of Sinopec Oilfield Service Shengli Corporation. Acara penandatanganan dilaksanakan pada Jumat, (15/12/2017) pukul 10.25 WIB di Gedung Wisma Mulia lantai 35 di Jl. Gatot Subroto Jakarta.

Menurut Deputi Perencanaan SKK Migas, Jaffe Suardin, pihaknya melihat langsung teknologi EOR dan penerapan dari tangan pertama. “Kita ingin menjalin kerjasama dan mencari solusi melalui kerjasama antara Indonesia dan Cina,” kata Jaffe, dalam sambutannya. Pihak SKK Migas telah 3 bulan lalu berkunjung ke Sinopec.

Pihaknya, lanjut Jaffe, sangat senang dengan kerjasama ini. “Kita berharap kolaborasi ini membawa peningkatan pada produksi migas Nasional,” tandasnya.

Sementara itu, Zhang Yu, President of Sinopec Oilfield Service Shengli Corporation, akan berusaha sebaik mungkin mengenalkan EOR ke SKK Migas. “Kita tidak saja mengenalkan tapi juga menyangkut desain dan penerapan EOR,” katanya. Harapannya dapat meningkatkan produksi minyak Indonesia.

“Hari ini, kerjasama ini kita tandatangani. Dan  inilah kali pertama dilakukan kerjasama penerapan EOR di Indonesia,” ungkapnya.

Dia juga berkomitmen, Sinopec akan terus membantu industri hulu migas Indonesia. Khususnya untuk pengembangan teknologi minyak, utamanya dalam eksplorasi.

Sedang Amien Sunaryadi, menyambut baik kerjasama ini. “Sinopec adalah perusahaan besar. Kita harapkan bisa berinvestasi di Indonesia,” katanya.

Sebagai catatan, penandatanganan kerjasama ini sebenarnya adalah tindaklanjut dari kunjungan SKK Migas ke Beijing, kantor pusat CNPC – Sinopec pada Oktober 2017. Juga tindaklanjut dari acara Sharing Knowledge oleh Sinopec di kantor SKK Migas dan kunjungan Tim Bidang Perencanaan SKK Migas dan PT Pertamina (Persero) yang terdiri dari perwakilan UTC, RTC dan EOR PT Pertamina EP.

MoU ini diperlukan sebagai landasan penerapan teknologi EOR Sinopec di kandidat lapangan yang akan dievaluasi antara lain lapangan yang dikelola oleh Pertamina EP. “Kita sangat serius dengan kerjasama ini,” tegas Amien.

Lebih jauh Amien mengutarakan bahwa pihaknya mengetahui bahwa Sinopec memiliki kapasitas, kapabilitas, pengalaman, SDM dan reputasi. Karena itu, pihak SKK Migas menjalin kerjasama dengan Sinopec. “Mari kita mulai untu bekerja bersama. Ini langkah pertama untuk mewudkan agar impian kita dapat terealisasi, meningkatkan produksi minyak di Indonesia,” terang Amien. Saatnya kita belajar bekerja dari pengalaman Sinopec. “Kita sangat serius dengan kerjasama ini,” tegas Amien. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*