AS Genjot Produksi  Minyak, OPEC Ketar-ketir

12600
AS Genjot Produksi  Minyak, OPEC Ketar-ketir
Foto : inforexnews.com

indoPetroNews- Produksi minyak mentah Amerika Serikat (AS) dikabarkan telah meningkat lebih dari 15 persen sejak pertengahan 2016 ke sekitar 9.71 juta bph. Capaian ini adalah level tertinggi sejak awal tahun 1970-an. Dengan level produksi sebesar itu, AS sudah makin mendekati produsen-produsen minyak terbesar dunia seperti Rusia dan Arab Saudi.

“Kekhawatiran terbesar investor saat ini tetap kenaikan jumlah rig Amerika, yang berpotensi membahayakan kesepakatan OPEC dan Rusia saat mereka bertemu untuk melakukan review pada pertemuan Juni 2018,” kata Shane Chanel, analis dari ASR Wealth Advisers, seperti disinyalir Reuters, Selasa (12/12/2017).
Jumlah pengeboran rig untuk produksi minyak baru di Amerika Serikat meningkat dua kali dalam pekan yang berakhir hingga 8 Desember, menjadi 751 unit, tingkat tertinggi sejak September.

Jumlah rig yang lebih tinggi menunjukkan kenaikan lebih lanjut pada produksi minyak mentah Amerika, yang melonjak lebih dari 15 persen sejak medio 2016 menjadi 9,71 juta barel per hari (bph). Itu merupakan level tertinggi sejak awal 1970-an, dan mendekati level produsen terbesar dunia, Rusia dan Arab Saudi.

Melambungnya output Amerika mengancam upaya yang dimotori Organisasi Negara Eksportir Minyak  (OPEC) dan sekelompok produsen non- OPEC, seperti Rusia, untuk mendukung harga dengan menahan persediaan.

Seperti diketahui, OPEC dan sekutunya mulai menahan pasokan sejak Januari lalu dan saat ini berencana untuk terus melakukannya sepanjang 2018. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*