SKK Migas Selenggarakan Sharing Knowledge Success Story Eksplorasi di Indonesia

19900
SKK Migas Selenggarakan Sharing Knowledge Success Story Eksplorasi di Indonesia

indoPetroNews- Ada beberapa kisah sukses dalam kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi (Migas) di Tanah Air yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan kontraktor. Perusahaan apa saja?

Salah satunya kisah dari Nuenergy. Ia memiliki 4 blok yang terletak di Sumatra Selatan. “Kita ada 26 sumur pengeboran,” kata Unggul dari Nuenergy, saat mempresentasikan keberhasilannya pada acara Sharing Knowledge Success Story Kegiatan Eksplorasi di Indonesia yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Senin (11/12/2017) di Jakarta. Sumur produksinya terdapat 5 sumur.

Dia menyampaikan tentang bagaimana memproduksi gas dari pori-pori batu bara. “Dalam waktu 2 minggu sudah keluar gasnya,” tandasnya.

Disamping itu, lanjut Unggul, luas area lapangan sekitar 250 km. Pihaknya juga menyatakan Nuenergy, yang beroperasi di Tanjung Enim? mulai beroperasisejak tahun 2009 – 2016.

“Ada 13 sumur dan 8 sumur produksi,” ujar Unggul. Disamping itu, juga pihaknya juga mengebor sumur TE 10, TE 11, TE 12, TE 13 dan TE 14. “Gas yang diproduksi sebanyak 95% dari jumlah total gas batubara,” ucapnya.

Pembicara lainnya adalah dari Pertamina Hulu Energi (PHE) Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), yang disampaikan oleh Ujang. “Kita menemukan Sumur Parang 1 yang berproduksi pada 2016. Sumur yang dibor di Nunukan ada 14 sumur,” terang Ujang. Dia juga menyebutkan hasil pengeboran sumur, dhasilkan minyak sebesar 2494 BOPD dan gas sebesar 14 MMSCFD. Potensinya adalah 74 MMBO + 852 BSCF = 221 MMBOE.
Sedang masa kontraknya mulai tahun 2004 – 2034.

Lebih jauh Ujang mengungkapkan terkait tantangan pengembangan migas. Selain berada di daerah remote, PHE Nunukan menemukan bahwa lokal marketnya terbatas. Disamping itu, PoD I cadangan dan laju produksinya juga terbatas. Kisah sukses kegiatan eksplorasi juga disampaikan oleh David dari ENI. Dia  mengulas soal ENI East Sepinggan.

Sedangkan Nizar Mujahidin, Kepala Divisi Eksplorasi SKK Migas, menyambut baik terlaksananya kegiatan sharing knowledge. “Mudah-mudahkan dapat mendorong dan meningkatkan kegiatan eksplorasi pada tahun mendatang,” katanya. Kegiatan semacam ini secara berkala, yaitu setiap 3 bulan diadakan.

Nizar juga mengatakan  pada tahun 2017 ini hanya ada 5 penemuan. “Memang sangat sedikit,” katanya, suaranya lirih. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*