Wamen ESDM Tetap Bekukan  Indonesia dalam OPEC

10000
OPEC Setuju Perpanjang Masa Pangkas Produksi Hingga 2018
Foto : seputarforex.com

Wamen ESDM Tetap Bekukan  Indonesia dalam OPEC

indoPetroNews- Indonesia memutuskan untuk tetap membekukan keanggotaannya di Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) atau Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden. “Kita sesuai dengan arahan Pak Presiden tetap di freeze (pembekuan) dulu,” kata Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Kamis (7/12/2017) di Jakarta.

Wamen Arcandra tidak merinci alasan pemerintah tetap melakukan perpanjangan pembekuan status keanggotaan Indonesia pada organisasi negara pengekspor minyak tersebut. Arcandra hanya menyebut bahwa Indonesia sudah ditawari untuk kembali masuk menjadi anggota OPEC. Namun, melalui surat yang dilayangkan kepada OPEC sebulan lalu, pemerintah memilih untuk tetap membekukan status keanggotaannya.

“Ada beberapa alasannya yang jelas keputusannya akan tetap di freeze dulu,” ujarnya.

Arcandra menjelaskan, meski tidak terdaftar sebagai anggota OPEC, bukan berarti Indonesia memutuskan kerja sama bisnis ekspor maupun impor minyak Indonesia dengan negara anggota OPEC. Pemerintah tetap akan melakukan kerjasama dengan mengedepankan sisi ekonomis. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*