Rencana Penyederhanaan Golongan Listrik Disetujui DPR

9400
Rencana Penyederhanaan Golongan Listrik Disetujui DPR
Foto : dumaisatu.com

indoPetroNews- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui rencana Kementerian Energi dan SUmber Daya Mineral (ESDM) dan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melakukan penyederhanaan golongan listrik rumah tangga non-subsidi.

Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu mengatakan, pihaknya setuju dengan program yang akan disosialisasikan selama dua tahun ke depan. DPR pun meminta PLN segera menyelesaikan kajian lebih dalam program tersebut.

“Kajian harus dilakukan dan kita sepakat mengenai sosialisasi selama dua tahun sampai 2019,” katanya setelah rapat koordinasi dengan Kementerian ESDM, Selasa (5/12/2017).

DPR juga sepakat dengan pemerintah yang menggratiskan biaya penyederhanaan tersebut. Komisi VII juga sepakat dengan Kementerian ESDM yang tidak menaikkan biaya abonemen dan tarif listrik.

Sebanyak 13,5 juta listrik rumah tangga non subsidi, yang biasanya menggunakan meteran 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA dan 4.400 VA akan dinaikkan menjadi 5.500 VA. Sedangkan yang 5.500 VA akan meningkat menjadi loss stroom (tanpa batasan).

Program penyederhanaan golongan listrik bukan wajib. Pelanggan tetap bisa menggunakan meteran lama jika tidak ingin menaikkan meteran. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*