OPEC Setuju Perpanjang Masa Pangkas Produksi Hingga 2018

5900
OPEC Setuju Perpanjang Masa Pangkas Produksi Hingga 2018
Foto : seputarforex.com

indoPetroNews- Negara-negara yang tergabung dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) atau Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi dan beberapa negara produsen minyak lainnya yang dipimpin Rusia, menyepakati perpanjangan kesepakatan pemangkasan output. Berapa lama masa perpanjangannya?

Mereka sepakat selama sembilan (9) bulan, atau hingga akhir tahun 2018, demikian laporan yang dirilis Reuters, Senin (4/12/2017).

Disamping itu, perwakilan negara-negara yang hadir di Wina juga mengisyaratkan untuk menyepakati akan diakhiri lebih awal. Syaratnya? Apabila pasar mengalami “overheating” dan harga minyak melesat terlalu tinggi. Pernyataan yang sudah diperkirakan pasar itu disertai pula dengan kesediaan Libya dan Nigeria untuk ikut serta. Kedua negara tersebut sebelumnya mengecualikan karena tengah didera banyak konflik bersenjata di dalam negeri masing-masing.

Mengutip dari Bloomberg, Kamis (30/11/2017), dalam perundingan di markas besar OPEC di Wina, Austria, mereka menunjukkan kekuatan aliansi yang belum pernah terjadi sebelumnya, antara dua produsen minyak dunia: Arab Saudi dan Rusia.

Keputusan tersebut memupus analisa Wall Street alias Bursa Saham Amerika Serikat, yang memperkirakan Moskow akan enggan untuk menjalankan perpanjangan pemangkasan produksi. Dan semakin menyesakan, Nigeria dan Libya, dua anggota OPEC yang awalnya diperbolehkan untuk tidak memangkas produksi minyak, kini ikut bergabung untuk memotong produksi.

“Kami bersatu, bahu membahu,” tegas Menteri Energi Arab Saudi, Khalid Al-Falih yang duduk berdampingan dengan Menteri Energi Rusia, Alexander Novak. “Kami kini benar-benar selaras,” ujar Novak.

Diketahui, sejak awal 2017, negara-negara OPEC, Rusia, serta sembilan negara produsen minyak lainnya, telah setuju membatasi produksi (kuota) dalam rangka memenuhi kesepakatan pemangkasan output sebesar 1.8 juta barel per hari (bph) hingga Maret 2018. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*