KESDM – MASDAR Kembangkan Floating Photovoltaic Solar Power Plant

23500
KESDM - MASDAR Kembangkan Floating Photovoltaic Solar Power Plant

indoPetroNews- Pemerintah berupa untuk mengembangkan Energi Surya. Salah satu usahanya adalah menggandeng PT MASDAR.

Saat ini, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar bersama Duta Besar Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia, Mohamed Abdulla Mohammed Bin Mutleq Alghafli, menyaksikan penandatangan Project Development Agreement antara PT PJB dan MASDAR.

“Penandatangan ini  tindak lanjut dari MoU antara PT PJB dan MASDAR pada tanggal 16 Juli 2017 di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab tentang Development of Renewable Large Scale Power Projects in the Republic of Indonesia,” Arcandra, Selasa (28/11/2017) dalam acara tersebut. Proyek yang dikembangkan adalah Floating Photovoltaic Solar Power Plant dengan kapasitas 200 MW di waduk Cirata milik PT PJB.

Dia juga menjelaskan, feasibility dan grid interkoneksi study telah selesai di akhir September 2017 dan telah diserahkan kepada PT PLN (Persero),” lanjutnya. Direncanakan pelaksanaan Power Purchaes Agreement (PPA) akan dilakukan pada akhir 2017.

Untuk nilai investasi yang dikeluarkan untuk proyek ini sebesar USD 180 Juta dengan perhitungan pendapatan per tahun sebesar USD 23 Juta.

Pada tahap I sebesar 50 MW, direncanakan  akan beroperasi secara komersial (Commercial Operation Date/COD) pada kuartal kedua tahun 2019. Sementara untuk tahap 2 hingga 4 sebesar 150 MW direncanakan COD pada kuratal pertama tahun 2020. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*