Keputusan Pertemuan OPEC Akhir November Tinggal Ketok Palu?

32100
Sekjen OPEC Klaim Output Capai 133 Prosen
Foto : wtj.com

Terdapat indikasi kuat bila dalam rapat 30 November mendatang, Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) atau Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi dan sekutunya akan menyepakati ekstensi pembatasan output (pemotongan produksi minyak mentah) hingga melampaui tenggat Maret 2018 sebenarnya tinggal ketok palu. Pasalnya, keputusan telah diputuskan sebelumnya. Benarkah?

Memang ada desas-desus bahwa Rusia menilai rencana ekstensi tersebut terlalu dini. Seperti diketahui, pakta pemangkasan output sebesar 1.8 juta barel per hari (bph) yang digawangi oleh OPEC dan beberapa negara produsen minyak Non-OPEC telah diberlakukan mulai Januari 2017 dan akan terus berlangsung hingga Maret 2018. Namun, setelah melihat lambannya penyusutan inventories global serta sulitnya kenaikan harga minyak, Arab Saudi mengajak untuk memperluas cakupan pakta tersebut. Diantara opsi yang didiskusikan adalah memperpanjang masa pemberlakuan, meningkatkan besaran pemangkasan, serta menerapkan batasan kuota juga atas negara-negara OPEC yang sebelumnya dikecualikan dari kesepakatan.

Topik-topik tersebut, seperti disinyalir Reuters, Jumat (24/11/2017) diperkirakan akan dibahas pada rapat OPEC. Namun, sebuah draft agenda rapat yang menunjukkan bahwa keputusan diharapkan akan tercapai dalam 3 jam saja. “Ini sebuah situasi yang langka karena pertemuan OPEC biasanya dapat berlangsung hingga dini hari akibat sengitnya perdebatan,” tulis Reuters. Hal ini dapat diterjemahkan sebagai perkiraan kalau negosiasi sudah dilakukan di luar forum, sehingga keputusan bisa diambil dengan mulus.

Pada 30 November 2017, rapat tertutup antara Sekjen OPEC dan para Menteri dijadwalkan dimulai pada 11:00 GMT; diikuti oleh pertemuan bersama antara OPEC, para Menteri dari negara-negara Non-OPEC, serta delegasi lainnya, pada 14:00 GMT. Setelah rapat gabungan usai, sebuah konferensi pers akan diadakan oleh Presiden Konferensi OPEC, Sekjen OPEC, dan Menteri Energi Rusia, untuk mengumumkan keputusan apa yang tercapai dalam perundingan mereka. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*