Irak Undang Perusahaan Asing Ikut Tender Ladang Migas

5900
Irak Undang Perusahaan Asing Ikut Tender Ladang Migas
Foto : kontan.com

indoPetroNews- Pemerintah Irak akan mengundang perusahaan-perusahaan asing untuk ikut tender dalam proyek eksplorasi dan pengembangan sembilan ladang minyak dan gas (migas). Dimana saja lokasinya?

“Lokasinya berada di daerah perbatasan dengan Iran dan Kuwait,” demikian laporan tertulis Kementerian Perminyakan Irak, seperti dikutip Reuters, Senin (27/11/2017).

Kementerian Irak mentargetkan untuk menaikkan produksi dan cadangan minyak serta gas, bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan internasional.

Irak meningkatkan jumlah produksinya dalam beberapa tahun belakangan dengan bantuan perusahaan-perusahaan minyak luar negeri, untuk menjadi produsen minyak OPEC terbesar kedua setelah Arab Saudi. Kesembilan blok bakal ditawarkan kepada asing itu terletak di provinsi Basrah, Misan, Muthanna, Wasit, dan Diyala Tengah.

Kementerian Perminyakan Irak menjelaskan kontrak baru akan ditawarkan berbeda dari kontrak-kontrak sebelumnya digunakan untuk pengembangan blok di selatan Irak, seperti Rumaila, Qurna Barat, dan Majnun.

Berdasarkan kontrak dipakai sejak berakhirnya era Saddam Husain, kementerian membayar dengan harga tetap dolar Amerika Serikat untuk tiap barel minyak dihasilkan. Hal ini membuat rugi Baghdad. Mereka tetap membayar dengan harga sama kepada perusahaan-perusahaan seperti BP, Exxon, Lukoil, dan Shell meski harga minyak mentah global anjlok. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*