“Bersih-bersih” KPK Arab Saudi Tak Pengaruhi IPO Aramco

8100
Foto: albalad.co

indoPetroNews- Penangkapan besar-besaran yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi Arab Saudi terhadap pangeran, konglomerat, pejabat, dan perwira tinggi militer sejak awal November 2017 diprediksi tidak pengaruhi rencana IPO (penjualan saham perdana) Saudi Aramco.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih. “Bersih-bersih itu tidak berdampak terhadap IPO Aramco. Juga tidak berpengaruh pada investasi asing langsung, tidak berpengaruh sama sekali atas keterbukaan Saudi, aliran modal, dan lingkungan investasi terbuka kami,” kata Falih di Kota Bonn, Jerman, seperti disinyalir Reuters Selasa (21/11/2017).

Menurut al-Falih, pembersihan dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi diketuai oleh Putera Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman juga tidak bakal mempengaruhi rencana IPO (penjualan saham perdana) Saudi Aramco.

Jamak diketahui, sejak awal November lalu, ratusan pangeran, konglomerat, pejabat, dan perwira tinggi militer dibekuk atas tudingan korupsi. Mereka yang ditangkap termasuk Pangeran Al-Walid bin Talal dan Chairman Saudi Binladin Group Bakar Bin Ladin.

Jaksa Agung Arab saudi Saud al-Mujib menjelaskan lebih dari 200 orang ditahan. Selain itu, sekitar 1.700 rekening senilai US$ 800 miliar sudah dibekukan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*