Batan Manfaatkan Nuklir untuk Industri

40700
Batan Manfaatkan Nuklir untuk Industri

indoPetroNews- Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) seringkali menciptakan banyak produk. Tetapi pertanyaannya, bisakah produk tersebut masuk ke tataran industri?

Selama ini Batan memanfaatkan radiasi nuklir untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia. Selain aspek energi, juga radiasi nuklir dipergunakan untuk pengembangan  bidang pangan, kesehatan dan lingkungan. “Yang cukup punya harapan adalah bekerjasama dengan Kimia Farma dan Sang Hyang Sri untuk padi Tropiko,” kata Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) seringkali  menciptakan banyak produk. Tetapi pertanyaannya, bisakah produk tersebut masuk ke tataran industri?

Selama ini Batan memanfaatkan radiasi nuklir untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia. Selain aspek energi, juga radiasi nuklir dipergunakan untuk pengembangan  bidang pangan, kesehatan dan lingkungan. “Yang cukup punya harapan adalah bekerjasama dengan Kimia Farma dan Sang Hyang Sri untuk padi Tropiko,” kata Djarot Sulistio Wisnubroto, Kepala Batan disela-sela acara Seminar Nasional Pendayagunaan Teknologi Nuklir (Senpaten), Selasa (21/11/2017) di Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis, Kawasan Puspitek, Serpong Tangerang Selatan.

Disamping itu, lanjut Djarot, lembaganya juga menjalin kerjasama dengan National Institute for Nuclear Science and Technology (INSTA) dari Perancis. “Kita punya kerjasama dengan Perancis. Kerjasama ini tidak hanya menyangkut peningkatan kapasitas karyawan tetapi juga mahasiswa,” terang Djarot. Mereka nanti memiliki sertikat yang memungkinkan mahasiswa bekerja di luar negeri bila mengantongi sertifikat itu.

Bahkan pihaknya juga telah membuka kerjasama dengan Forum Kerjasama Nuklir Asia, yang beranggotan 12 negara. “Ada beberapa proyek yang dilakukan secara bersama-sama, diantaranya tukar-menukar pengalaman, pengembangan SDM dan riset,” ungkapnya.

Disamping kegiatan seminar, Batan juga menyelenggarakan workshop di lokasi yang sama. Tema besar yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Pemanfaatan Teknologi Nuklie di Bidang Pangan, Kesehatan, Industri dan Lingkungan Melalui Penguatan Kerjasama Regional”. Acara ini digelar mulai tanggal 21 – 23 Nopember 2017 di  Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis, Kawasan Puspitek, Serpong Tangerang Selatan Banten.

Kegiatan menjadi forum regional untuk menyajikan hasil ilmiah, prototipe dan pameran teknologi serta pertemuan bisnis antara para peneliti, akademisi, industri, pemerintah dan pemangku kepentingan. Disamping itu juga memperkuat kolaborasi regional, penyebaran teknologi dan layanan nuklir serta menjalin kerjasama antar berbagai pemangku kepentingan. Termasuk pihak universitas, perusahaan, litbang, pengguna dan pihak terkait dengan industri kesehatan, pangan, pertanian, lingkungan, keselamatan-keamanan, pendidikan dan energi. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*