Siemens Hibahkan Teknologi Analisis Sistem Tenaga Listrik ke ITB

28200
Siemens Hibahkan Teknologi Analisis Sistem Tenaga Listrik ke ITB

indoPetroNews- Untuk mendukung kegiatan riset ketenagalistrikkan yang kompleks dan kompetitif, Siemens Indonesia menghibahkan Power System Simulator for Engineering (PSS®E) dan lisensi PSS®SINCAL kepada Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Dengan penggunaan (PSS®E) dan PSS®SINCAL di laboratorium yang didukung pakar dari Siemens, ITB mampu memberikan pengetahuan mendalam mengenai konsep sistem tenaga listrik kepada mahasiswa dan peneliti melakukan studi kasus, terutama untuk jaringan listrik di Indonesia,” kata Kepala Bagian Digital Grid Siemens Indonesia, Gerald Quaas, di ITB, Bandung (20/11/2017).

Penyerahan perangkat ini ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam perencanaan dan analisis tenaga listrik. Kajian ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan listrik dan industri mengingat semakin kompleksnya sistem transmisi dan distribusi generasi terbaru, khususnya sistem energi terbarukan. Dengan perangkat ini mahasiswa dapat mencoba simulasi yang dapat dimanfaatkan untuk penelitian tugas akhir sarjana, tesis magister, serta disertasi doktoral.

“Kami sangat menghargai inisiatif Siemens dalam mengembangkan keahlian dalam perencanaan sistem tenaga listrik dengan pemanfaatan dini peranti lunak untuk industri kelistrikan. Dengan gabungkan keahlian riset ITB dan pengalaman Siemens, kami yakin mampu memanfaatkan kedua perangkat lunak tersebut dalam memberikan solusi teknologi terbaik untuk sektor kelistrikan Indonesia,” kata Kepala Departemen Ketenagalistrikan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB, Dr. Ir. Nanang Hariyanto.

Dalam kerja sama ini Siemens juga memberikan dukungan ke ITB dalam hal instalasi, konfigurasi, dan tutorial penggunaan perangkat lunak di kampus ITB. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*