Gebrakan Arab Saudi agar Harga Minyak Naik

37300
Jika Tidak Ada Temuan Baru, Minyak Indonesia Habis Tahun 2050
Foto : offshoreenergytoday.com

indoPetroNews- Untuk mendongkrak kembali agar harga minyak mentah naik, pemerintah Arab Saudi, sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia, melakukan reformasi regulasi negerinya. Apa saja langkahnya?

Salah seorang putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, melakukan berbagai konsolidasi kebijakan. Misalnya, mencekal sejumlah pejabat tinggi dan pengusaha terkemuka berdarah bangsawan atas berbagai tuduhan seperti mangkir bayar pajak, suap, hingga pencucian uang. Dua diantaranya adalah miliuner pemilik Citigroup, Alwaleed bin Talal, dan pimpinan National Guard, Miteb bin Abdullah.

“Konsolidasi proses reformasi sedang berlangsung, sebagian karena keinginan untuk mendorong harga minyak naik,” kata Greg McKenna, Pimpinan Pakar Strategi Pasar di AxiTrader, sebagaimana dikutip oleh Reuters, Jumat (17/11/2017).

Agenda reformasi Mohammed bin Sultan termasuk rencana untuk membawa Saudi Aramco, BUMN Minyak terbesar milik Arab Saudi, untuk go public pada 2018. Harga minyak yang lebih tinggi akan mendongkrak kapitalisasi pasar perusahaan menjelang IPO, sehingga pasar makin optimis akan dukungan Arab Saudi dalam perluasan pakta pemangkasan output.

Sebagai catatan, pakta pemangkasan output sebesar 1.8 juta barel per hari (bph) yang dipelopori OPEC dan beberapa negara produsen minyak Non-OPEC telah diberlakukan mulai Januari 2017 dan akan terus berlangsung hingga Maret 2018.
Namun, setelah melihat lambatnya penyusutan inventories global serta sulitnya kenaikan harga minyak, Arab Saudi dan Rusia telah menyuarakan persetujuan mereka untuk memperluas cakupan pakta tersebut.

Diantara opsi yang didiskusikan terdapat kemungkinan memperpanjang masa pemberlakuan, meningkatkan besaran pemangkasan, serta menerapkan batasan kuota juga atas negara-negara OPEC yang sebelumnya dikecualikan dari kesepakatan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*