Pipa Minyak Saudi dan Bahrain Dilalap si Jago Merah

25100
Pipa Minyak Saudi dan Bahrain Dilalap si Jago Merah

indoPetroNews- Pipa minyak antara Arab Saudi dan Bahrain dilanda kebakaran. Peristiwa ini terjadi pada akhir pekan lalu. Bersamaan dengan kejadian  tersebut, Menteri Luar Negeri Bahrain, Khalid Al-Khalifa, bercuit di Twitter, “Upaya untuk membom pipa minyak Saudi-Bahrain adalah eskalasi Iran berbahaya untuk menakut-nakuti masyarakat dan melukai industri minyak global.”

Merespon tuduhan Al-Khalifa, juru bicara Iran membalas dengan mengatakan, “Bahrain perlu tahu bahwa era kebohongan dan saling tuding kekanak-kanakan telah berakhir.”

Pipa minyak yang menjadi pokok pembicaraan telah dapat beroperasi kembali beberapa saat setelah kebakaran dapat dipadamkan. Namun, itu hanyalah satu dari banyak insiden kecil yang bermunculan di seluruh Timur Tengah; khususnya setelah Saudi mencegat misil Iran yang diluncurkan milisi Houthi dari Yaman.

Ketegangan ini pun menjalar hingga ke Asia. Data pengiriman Desember dari Irak, Iran, dan Kuwait, –yang dikutip Bloomberg, Rabu (15/11/2017) menunjukkan bahwa mereka pasang harga (minyak) di bawah harga yang ditetapkan Arab Saudi bagi pabrik-pabrik pengilangan Asia. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*