Inilah 5 Negara Besar Pengekspor Minyak

14900
Wamen ESDM Sebut Cadangan Minyak Indonesia Tidak Besar
Foto : training-id.com

indoPetroNews- Fluktuasi harga minyak di pasar dunia masih terus berlangsung. Walaupun demikian, negara-negara yang tergabung dalam OPEC masih terus memproduksi minyaknya walaupun dengan pembatasan-pembatasan sesuai kesepakatan yang dibuat OPEC. Berikut ini negara-negara besar yang memproduksi dan mengekspor minyak mentah, seperti dikutip  dari CNBC, Selasa (14/11/2017), yaitu:

1. Arab Saudi
Negara penghasil minyak terbesar di dunia ini, mengekspor paling banyak minyak mentah di pasar internasional. Catatan OPEC, selama 2016, Arab Saudi telah mengekspor sebanyak 7,5 juta barel.

2. Rusia
Rusia menjadi negara pengekspor minyak terbanyak di dunia di luar negara-negara OPEC. Menurut data terbaru yang diterbitkan World Factbook, negara ini mengekspor 5,1 juta barel minyak mentah yang dipompanya.
Meski demikian Rusia diketahui mulai mengurangi pasokan minyak mentahnya di dunia. Hal itu dilakukan sejak Januari tahun ini.
3. Irak
Berdasarkan data OPEC, Irak adalah negara penghasil minyak terbesar didunia dan negara  eksportir terbesar kedua di jajaran OPEC. Negara ini diketahui mengekspor sebesar 3,8 juta barel pada 2016.

4. Kanada
Menurut data World Factbook, Kanada dalam setahun menekspor 3,2 juta barel minyak mentah. Produsen minyak di luar OPEC itu memiliki cadangan minyak terbesar ketiga di dunia.

5. Uni Emirat Arab
Sekitar 40 persen produk domestik bruto negara tersebut dihasilkan dari minyak dan gas bumi. Negara yang bergabung di OPEC pada 1967 ini diketahui mengekspor minyak mentah sebesar 2,5 juta barel pada 2016. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*