Sederhanakan Golongan Listrik, Publik Nikmati Daya Besar

4500
Evaluasi Ulang PPA IPP Timbulkan Ketidakpastian
Foto : dumaisatu.com

indoPetroNews- Upaya penyederhanaan golongan listrik oleh PT PLN yang menjadi sorotan publik mendapat respon dari pemerintah. Bagaimana responnya?

“Upaya untuk menyederhanakan golongan listrik dilakukan agar ketersediaan daya yang diproduksi  PLN bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Selasa (14/11/2017) di Jakarta. Hal ini untuk memanfatkan daya yang sudah ada.

“Kalau ada daya dan digunakan masyarakat kan bagus efisiensinya. Nah ini niatnya itu,” ujarnya. Dengan begitu, masyarakat juga dapat menikmati daya yang lebih besar dengan mudah.

Arcandra memberi contoh keterbatasan masyarakat dengan daya yang dimilikinya sekarang. “Misalnya pakai daya 1300 VA, lalu pasang kulkas, pasang AC, dan pasang strika, akan mati enggak listriknya? Kemungkinan mati.”

Mengenai tarif dan hal teknis lainnya, Arcandra mengatakan akan membicarakannya dengan PLN. Namun, dia memastikan tarif yang dipilih tidak bakal memberatkan masyarakat.

Pemerintah sedang mengkaji penyederhanaan kelas golongan pelangganlistrik rumah tangga nonsubsidi. Penyederhanaan golongan pelanggan listrik ini tidak berlaku bagi pelanggan rumah tangga penerima subsidi. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*