ESDM Jadi Pengelola Aset Negara Terbaik

2800
KESDM Jajaki Pengembangan Energi Arus Laut
Foto : katadata.co.id

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memenangkan penghargaan Badan Milik Negara (BMN) Awards 2017 dengan predikat kinerja terbaik dalam pengelolaan BMN.

Selain ESDM, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Kementerian Keuangan mendapatkan nilai tertinggi sebagai kementerian/lembaga (K/L), sehingga berhak menyandang juara umum.

Indikator kinerja pengelolaan BMN dilihat dari kinerja K/L dalam melakukan utilisasi BMN, tingkat kepatuhan pelaporan BMN dan capaian sertifikasi BMN.

” Selain itu, tata kelola berkesinambungan dalam pengelolaan BMN dan tingkat keaktifan dalam berkolaborasi dengan pengelola barang dalam meningkatkan kualitas pengelolaan BMN,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani, saat membuka ajang anugerah Kementerian Keuangan tersebut di Jakarta, Minggu (05/11/2017).

Kementerian Keuangan menilai sebanyak 87 Kementerian/Lembaga dalam enam kategori. Tema BMN Awards kali kelima ini mengusung tema ‘Kerja nyata optimalisasi aset negara untuk kesejahteraan rakyat’.

“Pemberian anugerah BMN Awards ini merupakan apresiasi kepada seluruh K/L dalam rangka mengelola BMN. Kementerian Keuangan memberikan penghargaan berupa BMN Awards kepada kementerian dan lembaga yang terbaik pengelolaan BMNnya,” ujar Sri.

Dia berpesan agar penghargaan ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk merefleksi kembali atas pencapaian kinerja selama ini. Sehingga pengelolaan BMN dapat lebih optimal lagi dengan mengidle BMN-BMN yang tidak dimanfaatkan karena akan menjadi beban Negara. Ia juga berharap seluruh K/L tidak mengedepankan ego dalam mengelola BMN. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*